Pentingnya Pembinaan Bela Negara Sejak Dini

Editor : Lucky

MAKASSAR – Pembinaan bela negara terhadap generasi muda perlu dipersiapkan sejak awal. Sebab, salah satu pembinaan teritorial adalah menyiapkan komponen cadangan termasuk generasi muda.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1408 BS Makassar, Letkol Kav Otto Sollu, di sela-sela kegiatan bela negara terhadap siswa-siswi baru SMP dan SMA se-kota Makassar di Makodam VII/Wirabuana, di Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Minggu (24/7/2016).

Otto Sollu menyebutkan, pembinaan pemahaman bela negara terhadap generasi muda diibaratkan seperti vaksin yang harus diberikan sejak dini. “Jangan terlanjur dewasa baru diberikan. karena ini akan sangat sulit untuk menerima konsep bela Negara,” kata Otto Sollu.

Otto Sollu menambahkan, materi dasar konsep bela negara yang diajarkan kepada siswa-siswi baru SMP dan SMA seperti pengetahuan proxi war, pengajaran etika dan moral, pengenalan Pancasila dan wawasan nusantara, serta pengenalan bahaya paham radikalisme.

“Proxi war merupakan ancaman besar yang mesti dihadapi bersama. Dan kekuatan terbesar untuk melawan proxi war adalah mempersiapkan mental generasi muda dengan mengedepankan nilai-nilai keindonesiaan dan semangat bela negara,” kata Otto Sollu.

Kegiatan bela negara diikuti 21 ribu lebih siswa-siswi tingkat SMP dan SMA se-Kota Makassar. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pemkot Makassar dan Kodim 1408 BS.(*/fan)