Yayasan Cipta Pahlawan Ajarkan Anak Beternak dan Berkebun

Editor : Lucky

MAKASSAR : Panti Asuhan Cipta Pahlawan mengajarkan cara beternak dan berkebun pada anak-anak asuhannya. Di halaman belakang panti asuhan yang terletak di Komplek Mustika Mulia, Jalan Prof Basalama (dulunya Jalan Racing Center), Makassar, ini terdapat beberapa kandang hewan ternak dan kolam ikan serta kebun sayuran.

Menurut Mika, salah satu pengurus panti, hal ini dilakukan untuk melatih anak-anak berwirausaha di luar dari pendidikan yang mereka terima di sekolah. “Kalau pulang sekolah, mereka bergiliran memberi makan hewan ternak,” ujar Mika saat menerima rombongan dari Gereja Satria Kasih, Minggu (24/7/2016).

Hewan-hewan yang dipelihara disini antara lain itik, berbagai jenis ayam, lele, dan ikan nila. Selain beternak, para anak panti asuhan juga diajarkan cara berkebun sayuran dan membuat tempe.

Sayuran yang dikelola seperti kangkung, sawi, bayam. Sayuran tersebut itu ditanam di halaman depan gedung panti.

Panti asuhan itu kini menampung sebanyak 41 orang anak dari berbagai umur dan asal daerah. Mulai dari Sumatra hingga dari Papua.

“Mereka banyak yang masih memiliki orang tua, tapi kurang biaya dan punya kemauan keras untuk sekolah. Jadi kami dukung dengan tinggal dan diasuh di sini,” ujar Mika.(*/ras)