Benda Diduga Bom Gegerkan Warga Poso

Editor : Lucky

POSO – Sebuah benda diduga bom ditemukan warga depan Apotik Agung Farma yang berada di samping Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Jemaat Maranatha Kawua, Jalan Tabatoki Poros yang juga jalan trans Sulawesi, Kelurahan Kawua, Poso, Minggu (24/7/2016) pagi. Benda tersebut ditaruh di atas stang kaki motor milik Jemaat GKST Maranatha Kawua bernama Damaris Mayun Poanto.

Damaris menceritakan, ia datang beribadah di Gereja Maranatha Kasus sekitar pukul 09.00 wita dan memarkir kendaraannya di depan Apotik Agung. Sekitar pukul 10.15 wita, Damaris selesai ibadah dan menuju motornya.

Saat akan menghidupkan motornya, Damaris melihat benda berupa dos warna hitam yang terdapat kabel merah diletakkan di stang kaki sebelah kiri motornya.”Saya mencoba meminta tolong kepada warga sekitar yang melintas tapi tidak ada ya peduli,” kata wanita berusia 27 tahun itu.

Kemudian, Damaris bertemu Babinsa Kelurahan Kawua dan melaporkan kejadian tersebut. Saat itu juga Babinsa Kelurahan Kawua menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Kawua, Bripka Daniel Rombe, yang langsung menghubungi Polsek Poso Kota.

Anggota Polsek Poso Kota mendatangi serta mengamankan TKP sekitarnya dengan memasang Police Line agar warga tidak mendekat untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan. Pukul 11.00 Wita, Tim Identifikasi Polres Poso dipimpin AKP Yusran tiba di TKP dan melakukan pemeriksaan awal terhadap benda diduga bom tersebut.

Sekitar 30 menit kemudian, Unit Jibom Sat Gegana Brimob Poso tiba di TKP dan langsung melakukan proses olah TKP. Selanjutnya benda diduga bom tersebut dibungkus menggunakan Blangket Bom dan dibawa menuju Mako Sat Gegana Brimob Poso.(*)