Susah Tidur? Lakukan Tips di Bawah Ini

Editor : Fahmi

MAKASSAR – Ada peribahasa yang mengatakan bahwa kasur mewah bisa dibeli, tapi tidak tidurnya. Memang benar sekali, kasur yang mewah tidak akan menjamin kita bisa tidur, apalagi tidur dengan nyenyak. Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika anda selalu mendapatkan jam tidur yang kurang, akan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan anda, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun demikian mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dsb.

Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda bisa tertidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

1.Cemilan Bergizi

Meskipun makan makanan berat sebelum tidur bukanlah hal yang baik, namun cobalah untuk menghindari perut lapar ketika ke tempat tidur. Ngemil sebelum tidur, seperti sepotong buah, atau yogurt rendah lemak adalah makanan yang sempurna. Atau bisa minum segelas susu hangat yang berisi hormon melatonin yang menginduksi tidur. Makanan ringan mengandung karbohidrat kompleks, seperti roti gandum atau sereal, juga bagus untuk tubuh Anda. Beberapa makanan ringan sebelum tidur yang perlu dipertimbangkan adalah dari jenis kacang-kacangan atau biji-bijian (terutama biji labu), roti gandum atau biskuit dengan sedikit keju, atau sereal dan susu hangat. Hindari makanan berminyak atau pedas.

2.Perhatikan Suhu dan Cahaya Kamar

Kamar tidur yang sejuk dan gelap akan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih baik. Selain itu ruang kamar yang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia melepaskan hormon yang menginduksi rasa kantuk.

3.Bantal dan Kasur Yang Nyaman

Tempat tidur yang tidak nyaman bisa membuiat Anda kesulitan untuk tertidur. Gunakanlah bantal, kasur bahkan sprei Anda dengan yang lebih terasa lembut dan nyaman. Cucilah sprei Anda dan menjemur bantal atau kasur secara rutin, karena ini akan menjaga rasa kenyamanan Anda ketika berbaring. Selain itu sesuatu seperti bau minyak esensial bisa membantu tubuh dan fikiran Anda rileks. Teteskan minyak lavender pada sehelai kain dan di bawah sarung bantal Anda. Anda juga bisa mengencerkan beberapa tetes minyak kedalam air,  dan tempatkan dalam diffuser di kamar tidur Anda.

4.Regangkan Tubuh Anda

Otot-otot yang kaku akibat rutinitas fisik yang dilakukan setiap hari membuat tubuh pegal-pegal dan akhirnya bisa membuat sulit tertidur. Cobalah melakukan peregangan sederhana sebelum tidur agar bisa membantu melepaskan ketegangan pada otot dan membuat tubuh merasa rileks untuk tidur.

5.Membaca

Membaca bisa membantu Anda untuk bersantai sebelum tidur, dengan cara melepaskan stres dan mengalihkan perhatian Anda dari fikiran-fikiran lain. Namun jangan membaca sesuatu yang terlalu menarik atau menakutkan.

Jika beberapa tips cara agar tertidur cepat diatas tidak ada yang membantu, serta Anda takut dengan kemungkinan menderita insomnia atau sleep apnea, mungkin saatnya bagi Anda untuk berkonsultasi kepada ahli kesehatan.  Mereka bisa menilai pola tidur Anda dan menentukan tindakan yang terbaik, yang bisa apa saja termasuk memberikan resep minum obat tidur. (*/)

 

[fbcomments]