4 Oknum Polisi Diperiksa Propam Polda Sulsel

Editor : Fahmi

MAKASSAR – Menindak lanjuti laporan masyarakat terhadap Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan oknum Polisi Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Barru, Propam Polda Sulsel menangkap tangan tiga oknum Polisi berpangkat Brigadir di Pos Polisi Kuppa perbatasan Kabupaten Barru dan Kota Parepare.

Saat diamankan turut disita uang hasil pungli terhadap mobil truk maupun angkutan pribadi lainnya yang melintas di jalur tersebut.

“ketiganya diamankan dengan barang bukti uang tunai pecahan 20 ribu, 50 ribu hingga uang tunai 100 ribu rupiah” ungkap Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Frans Barung Mangera, Rabu (27/7/2016).

Sementara pada waktu yang sama, di kantor Samsat Takalar turut pula diamankan seorang oknum anggota Polisi berpangkat Aiptu yang bertugas di Samsat Takalar. Oknum tersebut diduga melakukan penyalahgunaan wewenang dengan melakukan pungutan kepada masyarakat saat mengurus kelengkapan surat kendaraan.

Lebih lanjut Frans menjelaskan, hal ini menjadi komitmen Kapolda Sulsel Irjen Pol Anton Charliyan dalam pemberantasan pungli, dan penyalahgunaan wewenang. Keempat oknum anggota Polri tersebut sementara dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polda Sulsel, dan terancam pemecatan.

“Sangsi dari oknum Polisi tersebut, akan di usulkan pemecatan karena telah mencoreng institusinya sendiri, apa lagi pungli itu dilarang keras oleh Kapolri.” Pungkasnya. (*/)