HUT Ke 48, BPJS Kesehatan Gelar Pemeriksaan IVA dan Pap Smear Gratis

Editor : Andhika Bd

MAKASSAR – Ratusan ibu-ibu mendatangi Puskesmas Batua Raya di Jl Abdullah Dg Sirua, Makassar. Mereka berdatangan karena ingin melakukan pemeriksaan Infeksi Visual Asetat (IVA) dan Pap Smear gratis yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS), Jumat (29/7/2016) pagi.

Pemeriksaan  IVA dan Pap Smear tersebut, diadakan oleh BPJS Kesehatan melalui program ‘Promotif Preventif Deteksi Dini Kanker Leher Rahim’, dalam rangka Hut BPJS Kesehatan ke-48. Pencanangan program tersebut, dihadiri Asisten IV Pemkot Makassar, Andi Khadijah irianto SpTHT, Kadis Kesehatan Makassar, dan Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional IX.

Kepala BPJS Kesehatan Divisi Regional IX, Dwi Martiningsi menjelaskan, Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama BPJS Kesehatan dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, Kementrian Kesehatan RI, dan BKKBN. Kegiatan ini dilakukan serentak se-Indonesia sekaligus untuk memecahkan rekor Muri.

“Di Makassar, pemeriksaan dilakukan di 21 puskemas untuk IVA. Sementara pemeriksan Pap Smear dilakukan di 4 tempat berbeda, yaitu Prodia Sungai Saddang, Prodia Boulevard, Kimia Darma Ahmad Yani, dan Kantor BPJS Kesehatan KCU Makassar. Khususnya untuk di kantor BPJS Kesehatan hanya berlaku hari ini sampai pukul 14.00 wita, sedangkan di tiga tempat lainnya sampai 30 November 2016 nanti,” ujarnya.

Ia pun mengesakan bawah Pemeriksaan ini gratis untuk pemegang kartu BPJS Kesehatan maupun JKN-KIS. “Saat melakukan pemeriksaan, cukup bawa kartu BPJS Kesehatan atau JKN-KIS untuk melakukan pendaftaran di tempat”.(*/mnu)

[fbcomments]