Asrama Haji Sudiang Siap Tampung Ribuan Calon Jamaah Haji

Editor : Fahmi
foto istimewa
foto istimewa

Online24,Makassar– Seminggu jelang kedatangan calon jamaah haji  (CJH) dari berbagai wilayah di Indonesia Timur, Asrama Haji Embarkasi Makassar telah melakukan persiapan. Kesiapan Asrama Haji Embarkasi Makasaar terlihat dengan rampungnya renovasi 165 kamar dengan kapasitas 450 jamaah.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Wahid Tahir, mengatakan bahwa persiapan untuk kedatangan jemaah calon haji gelombang pertama yang akan tiba tanggal 8 Agustus 2016, sudah selesai dari akomodasi sampai admisitrasi.

“Untuk administrasi, kita sudah selesaikan. Paspor calon jamaah juga sudah selesai, sementara visa masih semntara diurus,” kata Wahid saat ditemui disela-sela pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pasantern Tingkat Daerah (Pospeda) VII tingkat Sulawesi Selatan, di Asrama Haji Sudiang, Senin (1/8/2016).

Wahid menambahkan, pihaknya masih mempersiapkan administrasi untuk kedatangan CJH gelombang kedua yang dijadwalkan akan masuk asrama mulai 22 Agustus–4 September 2016. Nantinya para CJH akan mendapat fasilitas kesehatan, transportasi dan snack saat di Tanah Suci. Tidak hanya itu, jamaah haji juga mendapat pemambahan hari yang tadinya 12 hari menjadi 24 hari saat berada di Saudi Arabia.

Berdasarkan data Pemprov Sulsel jumlah CJH yang melalui embarkasi dan debarkasi Makassar sebanyak 11.837  CJH, yang berasal dari 9 Propinsi selain Sulsel, yakni Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

(MNU)