Pembiayaan Infrastruktur di Indonesia Diwarning Walhi

Editor : Fahmi
Maraknya pembangunan infrastruktur di Indonesia di duga akan memberikan dampak serius bagi lingkungan hidup dan masyarakat.
Maraknya pembangunan infrastruktur di Indonesia di duga akan memberikan dampak serius bagi lingkungan hidup dan masyarakat.

Online24, Jakarta – Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) menggelar pertemuan di Kantor Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), Jalan Tegal Parang Utara, Jakarta, Rabu (3/8/2016). Pembiayaan infrastruktur menjadi topik pambahasan utama dalam pertemuan tersebut.

Kepala Departemen Kajian, Kebijakan dan Pembelaan Hukum Walhi, Zenzi Suhadi, menjelaskan bahwa pertemuan ini digelar berkenaan dengan maraknya pembangunan infrastruktur di indonesia, yang mereka duga akan memberikan dampak serius bagi lingkungan hidup dan masyarakat.

“Ada kecenderungan pemerintah mendorong proyek infrastruktur berbasis hutang dengan memperlemah sistem dan standar perlindungan fungsi lingkungan dan hak rakyat,” ujar Zenzi.

Ia juga mengatakan pertemuan ini fokus membahas soal arus uang infrastruktur dan sumber daya alam. “Mekanisme dan kebijakan proyek infrastruktur di Indonesia, kelihatannya dibangun dengan logika dagang dimana keuntungan cendrung mengarah ke pelaku bisnis, sedangkan rakyat menjadi sasaran penggusuran, dampak lingkungan sekaligus konsumen yang akan membayar,” katanya via WhatsApp.

Pertemuan ini diinisiasi oleh Ecological Justice Foundation, Indonesia Legal Resource Center, Tuk Indonesia, Walhi, Elsam. (aln)