Rahasia Tersembunyi Dibalik Logo Perusahaan Dunia

Editor : Ahmad Raffasya

Logo perusahaan memang harus memiliki arti tersendiri, yang melambangkan makna dan menginspirasi semua karyawan di bawah naungannya. Nah, ternyata ada banyak desain logo yang memiliki rahasia tersembunyi yang unik dan menarik. Mau tahu logo-logo apa aja ?

1. Siapakah kakek di logo KFC ?

 

Perkembangan bisnis Kentucky Fried Chicken (KFC) tidak hanya berasal dari kelezatan ayamnya saja. Di balik itu, ada pula bentuk promosi lewat logo yang sekilas mirip kakek kita.
Ya, wajah sang kolonel yang bernama Harland David Sanders, seorang pengusaha asal Amerika Serikat. Pria yang ikut menemukan KFC itu lahir pada 9 September 1890 dan meninggal pada 16 Desember 1980.
Namun, sebelum menemukan KFC, Sanders berkali-kali ganti profesi, mulai dari agen asuransi hingga petugas di stasiun pengisian bahan bakar. Dia baru mulai aktif di bisnis ayam gorengnya saat sudah lanjut, 65 tahun!

mirip bukan seperti logo kfc diatas. Raut senyum khasnya yang terdapat dalam logo KFC mungkin adalah simbol paling mengesankan dalam industri makanan.

2.Dimanakah ayah di kaleng Khong Guan

Desain gambar pada kaleng biskuit Khong Guan berupa ibu dengan dua orang anak di meja makan. Gambar pada kemasan itu sudah dipakai sejak 1971, hingga saat ini biskuit tersebut sangat akrab di keluarga Indonesia.

Di dunia maya, keberadaan ayah dari keluarga tersebut sempat diperdebatkan. Di mana dia?

Bernardus Prasodjo, desainer kemasan Khong Guan pun angkat suara dan menjelaskan keberadaan si ayah.  Menurut dia, keluarga tersebut merupakan keluarga harmonis. Saat itu, si ayah lah yang sedang memotret keluarga tersebut. Itulah sebabnya, si ayah tidak terlihat dalam potret keluarga ini.
Bernardus Prasodjo menggambar desain itu ketika berumur 24 tahun. Pria yang sempat kuliah Seni Rupa Institut Teknologi Bandung itu mengaku, ide gambar kemasa biskuit Khong Guan bukan murni darinya. Desain sudah diberikan oleh pihak perusahaan, tapi tidak berwarna.
Kemudian Bernardus mengubah seperlunya serta mewarnai sesuai pesanan. Saat itu belum banyak orang bisa menggambar desain kemasan, teknologi pun masih terbatas, sehingga hanya mengandalkan keterampilan.

3. Monde Buttter Cookies

Dalam kemasan tersebut terdapat terdapat lima jenis biskuit berbeda. Biasanya biskuit tersebut jadi salah satu pilihan favorit untuk disajikan di berbagai acara keluarga.
Di media sosial, kemasan Monde Butter Cookies disebut paling aneh dan tidak konsisten. Konsepnya dianggap tidak jelas asalnya dari mana. Biskuit tersebut dibuat PT Nissin Biscuit Indonesia, tetapi nama Monde sendiri berasal dari Bahasa Perancis yang artinya ‘Dunia’.
Salah satu gambar mencolok dalam kemasan biskuit itu adalah tentara Inggris atau Iris Guard. Tetapi bendera yang mengait pada sebuah lubang kue kering adalah bendera Belanda.
Kemudian terdapat lambang Mahkota yang merupakan lambang di negara-negara Britania Raya seperti Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.
Lalu gambar melingkar dalam kemasan itu merupakan bentuk ukiran terdapat di kebudayaan India. Corak seperti itu banyak ditemukan di kuil dan candi peninggalan kebudayaan hindu.
4. tahukah anda?ada angka 31 di balik logo Baskin Robins.apa maknanya?
Jika Anda adalah penikmat atau pelanggan setia dari produk Ice Cream Baskin Robbins maka harusnya Anda tahu berapa jumlah dari varian rasa yang mereka tawarkan. Nah, sebenarnya tanpa harus menjadi pelanggan setia Anda juga bisa mengetahui berapa jumlah varian rasa yang mereka miliki. Dari logo yang mereka gunakan, tulisan BR akan membawa Anda mengerti bahwa mereka memiliki 31 macam rasa. Jika Anda sadar dan mengamati, Anda akan dengan mudah menemukannya.
5. Kenapa Logo Facebook Warna Biru

Siapa sih yang tidak kenal Facebook? Media sosial milik Mark Zuckerberg ini merupakan salah satu media sosial terpopuler dan memiliki pengguna paling banyak. Tecatat 1,44 miliar pengguna aktif masuk ke media sosial ini tiap bulannya.

Di balik kemegahan Facebook, ternyata ada kisah menarik di balik terciptanya logo Facebook. Menurut yang dilansir laman Down With Design, logo Facebook diciptakan oleh seorang desainer bernama Mike Buzzard.

Buzzard adalah adalah seniman pembuat logo. Kala itu, Zuckerberg diberi tahu oleh Sean Parker selaku salah satu investor pertama Facebook, untuk menghubungi Buzzard. Untuk desainnya sendiri, Buzzard mengaku mengikuti arahan dari Zuckerberg dan Sean.

Untuk font, Buzzard menyebutkan bahwa dia menggunakan dasar font Klavika. Font Klavika ini didesain oleh Eric Olsen. Namun pada akhirnya Buzzard memodifikasi sedikit tulisan tersebut dan menciptakan font Facebook yang sekarang ini. (*)