Cerita Menarik di Balik Penangkapan Pelaku Jambret di Dg Tata III

Editor : Fahmi
Brigpol Andi Purba, anggota Patmor Dit Sabhara Polda Sulsel, yang melakukan penangkapan terhadap pelaku jambret di jalan Daeng Tata III, Kamis siang (4/8/2016).
Brigpol Andi Purba, anggota Patmor Dit Sabhara Polda Sulsel, yang melakukan penangkapan terhadap pelaku jambret di jalan Daeng Tata III, Kamis siang (4/8/2016).

Online24, Makassar – Di balik berita tindakan warga yang ramai-ramai mengejar pelaku jambret di jalan Daeng Tata III, Makassar, Kamis siang tadi (4/8/2016), ada kisah heroik pada saat penangkapan sang pelaku.

Cerita itu bermula saat warga jalan Daeng Tata III mengejar salah seorang pelaku jambret yang nekad memberikan perlawanan dengan melepaskan sebuah anak panah, berupa busur. Tak jauh dari lokasi, dua anggota Patmor Dit Sabhara Polda Sulsel yang kebetulan sedang patroli, yakni Brigpol Andi Purba bersama rekannya Brigpol Rusdin Tarsan, tiba-tiba dipanggil oleh seorang penjual gorengan.

“Pak… ada jambret disana.”

Seketika itu, Andi menoleh dan melihat warga memburu pelaku jambret. Andi kemudian membalikkan motornya dan memburu jambret tersebut. Ia akhirnya berhasil memburu jambret hingga menyudutkannya di sebuah rumah kosong di Jalan Dg Tata III Lorong 3.

Awalnya, masyarakat yang lebih dulu tiba ingin langsung menangkap AR, pelaku jambret. Namun mendapatkan perlawanan dengan dilepaskannya sebuah anak panah berupa busur. Hal itu membuat warga keder dan mundur.

Namun lain halnya dengan polisi pemberani ini. Ia tetap masuk ke dalam rumah, walau AR telah bersiap dengan busurnya dan dalam posisi yang lebih menguntungkan.

“Untungnya AR tidak melawan waktu mau saya tangkap. Na liat ji saja seragamku, langsung mi na buang busurnya dan menyerahkan diri. Seandainya tidak, langsung kutembak pake ini,” ucapnya sambil menunjuk ke arah senapan jenis V2 yang ia bawa.

Setelah penangkapan, Andi langsung berbaur dan dengan rendah hati menceritakan kronologi kejadian kepada kerumunan warga yang penasaran pada kejadian tersebut. (mfa)