Lomba Azan Warnai Porseni Lapas Klas I Makassar

Editor : Lucky
Peserta porseni Lapas Klas I Makassar (foto: Adam Said)
Peserta porseni Lapas Klas I Makassar (foto: Adam Said)

Online24, Makassar – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-71, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Makassar menggelar Pekan olahraga Seni(Porseni) dan keagamaan antar blok yang dimulai hari ini, Jumat (5/8/2016). Ada 9 cabang olahraga, seni, dan agama yang akan dipertandingkan seperti tenis lapangan, voli, bulutangkis, lari 100 meter, karaoke, azan, hafal Surah pendek, dan hafalan Asmaul Husna.

Acara dibuka dengan pelepasan balon ke udara oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah KemenkumHam, Jauhar Fardin, didampingi Kalapas Klas I Makassar, Marasidin Siregar. Dalam sambutanya, Jauhar mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa sportifitas warga binaan dan sebagai bentuk hiburan serta memupuk rasa nasionalismme.

“Acara ini dampak psikologisnya luar biasa, bisa kita lihat tadi semangat warga binaan. Hari ini tidak ada satupun warga binaan yang sakit,” katanya.

Sementara itu, Marasidin menambahkanm, melalui Porseni ini bisa menumbuhkan sifat sportif dan kebersamaan para napi. “Ini juga sebagai ajang silaturahmi sekaligus hiburan,” ucapnya.

Perlombaan ini digelar setiap tahun. “Cuma baru tahun ini kita blow-up dengan tujuanya untuk mengimbangi berita negatif tentang lapas,” ujar Marasidin.

Acara yang berlangsung selama satu minggu ke depan ini tidak akan mengganggu jadwal kunjungan. “Jadwal kunjungan tetap berjalan. Nanti bagi kerabat yang berkunjung juga dapat melihat acara perlombaan tetapi dari luar pagar,” ucapnya.

Marasidin menambahkan bahwa Lapas Klas I Makassar memiliki 9 blok dan membina sebanyak 1.000 napi.

(MNU)