Diharapkan Insyaf, Begal di Lapas Makassar Belajar Agama

Editor : Fahmi
Peserta porseni Lapas Klas I Makassar (foto: Adam Said)
Peserta porseni Lapas Klas I Makassar (foto: Adam Said)

Online24,Makassar – Maraknya peristiwa pembegalan di Kota Makassar yang dilakukan pelaku yang masih usia belia, membuat pengelola Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Makassar berinisiatif untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan pada 2o anak yang ditahan.

Kepala Lapas Makassar, Marasidin yang ditemui Online24 di sela kegiatan Porseni antar Napi menuturkan, 20 anak yang berhadapan dengan hukum (ABH), ditempatkan terpisah dari blok tahanan orang dewasa. Agar mereka bisa insyaf dan tidak mengulangi perbuatannya setelah bebas nanti, pihak Lapas mencoba menanamkan nilai-nilai keagamaan, melalui kegiatan Salat berjamaah dan pengajian Al Quran yang rutin dilakukan setiap malam.

“Selain lomba olahraga, kami juga melaksanakan lomba azan dan lomba hafalan surah pendek Al Quran untuk anak-anak yang ditahan. Hal ini penting untuk perbaikan mental mereka setelah bebas nanti,” tutur Marasidin.

Kegiatan Porseni antar Napi ini digelar dalam rangka memperingati HUT RI ke – 71. Ada 9 cabang olahraga, seni dan agama yang akan dipertandingkan, diantaranya tenis lapangan voli, bulutangkis, karaoke, azan, hafalan surah pendek Al Quran.

(MNU)