Teliti Kasus Penyerbuan Balaikota, Anggota Komnas HAM Temui Walikota Makassar

Editor : Fahmi

Online24, Makassar – Guna menyelidiki adanya dugaan pelanggaran HAM dalam kasus penyerbuan kantor Balaikota Makassar, Anggota Komnas HAM temui Walikota Makassar Ramdhan Pomanto di ruang Rapat Wali kota Makassar Jumat (12/8/2016).

Walikota dan anggota Komnas HAM menggelar rapat tersebut sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 12.00 wita. Dalam rapat tersebut dibahas tentang upaya yang akan dilakukan oleh pemerintah kota Makassar dalam kasus penyerangan balai kota oleh beberapa anggota polisi pada Minggu (7/8) lalu.

Usai rapat Anggota Komnas HAM,  Hafid Abbas menerangkan , Komnas HAM akan menengahi kasus dan  masih menyelidiki apakah ini merupakan pelanggaran HAM atau tidak.

“Kami kumpulkan bukti-bukti untuk mencari tau apakah ini masuk dalam pelanggaran HAM atau tidak, harus ada proses hukum yang dapat dipertanggungjawabkan dan terbuka kepada publik, tidak boleh ada simbol-simbol dendam lagi, ” ujar Hafid.

Hafid menambahkan ada beberapa hal yang akan ditindak lanjuti. Akan ada  catatan -catan yang penting sekali untuk disampaikan ke presiden dan menko Polhukam dan polri untuk melihat reformasi di tubuh Polri dan juga di tubuh Satpol PP bila perlu. Komnas HAM juga akan menelusuri motif yang melatarbelakangi terjadinya penyerangan.

(mnu)