Pertamina Tambah 140 KL Avtur untuk Operasional Jamaah Haji Embarkasi Makassar

Editor : Lucky
Hermansyah Y Nasroen (foto: Zhoelfikar/online24jam)
Hermansyah Y Nasroen (foto: Zhoelfikar/online24jam)

Online24, Makassar – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII menyiapkan avtur tambahan sebanyak 140 KL per hari untuk memenuhi kebutuhan penerbangan jamaah haji Embarkasi Makassar. Ada 27 kloter yang akan dilayani oleh Pertamina dari embarkasi Makassar, mulai dari tanggal 9 Agustus 2016 sampai dengan 5 September untuk keberangkatan dan tanggal 17 September 2016 sampai dengan 15 Oktober 2016 untuk kepulangan jamaah Haji.

Tidak hanya menjamin ketersediaan pasokan, Pertamina juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu. “Hal ini sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan Haji,” ujar Manager Area Communication & Relations Sulawesi, Hermansyah Y Nasroen.

Hermasyah memastikan kondisi storage tank di DPPU Hasanuddin dan Terminal BBM dengan kapasitas total 14.500 KL. Pertamina juga menyiapkan mobil tangki avtur (Bridger) untuk supply sebanyak 11 mobil dan 9 refueller (mobil pengisi avtur ke pesawat).

Saat ini, Pertamina DPPU Hasanuddin melayani 25 maskapai penerbangan antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Express Air, Citilink, NAM Air, Air Asia, dan Silk Air. Maskapai ini melayani rute ke hampir 30 kota tujuan penerbangan dari Bandara Hasanuddin Makassar.

Di samping penerbangan komersial, DPPU Hassanudin juga melayani pengisian avtur untuk TNI-AU, AD, AL, serta Polri. Harga avtur untuk DPPU Hasanuddin saat ini adalah sebesar Rp 7.290 per liter atau 55.40 Dolar AS per liter. Harga avtur ini bersifat fluktuatif dan diperbaharui setiap 2 minggu.

(MNU)