2018, RMS Target Tidak Ada Lagi Warga Miskin di Sidrap

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) merupakan kabupaten dengan posisi terendah angka kemiskinannya di Sulsel. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), masyarakat miskin di Sidrap hanya 5,8 persen dari jumlah penduduknya sebanyak 283 ribu jiwa.

Dari data ini, Bupati Rusdi Masse (RMS), sukses membawa Sidrap sebagai kabupaten rangking pertama yang angka kemiskinan terendah dari 23 kabupaten/kota di Sulsel.

Saat ini, Pemkab Sidrap fokus mengentaskan angka 5,8 persen kemiskinan di Sidrap. Caranya, Pemkab Sidrap akan mendorong peningkatan pertanian, peningkatan ekonomi mikro, usaha kecil, stimulus modal, pendistribusian bantuan yang tepat sasaran, dan lain sebagainya.

“Sehingga pada tahun 2018, angka kemiskinan di Sidrap kita bisa hapus menjadi nol persen,” ujar Rusdi Masse di Sidrap, Jumat (12/8/2016).

Rusdi menegaskan bahwa capaian pengentasan kemiskinan di Sidrap selalu mendapatkan posisi terbaik di data BPS. “Angka kemiskinan di Sidrap paling rendah di Sulsel, hanya 5,8 persen. Nah kita berupaya untuk mengentaskannya sehingga bisa terangkat dari garis kemiskinan,” ujarnya.

Dari tahun ke tahun, kemiskinan di Sidrap terus menurun. Dari data yang ada, tahun 2010 angka kemiskinan Sidrap 7 persen, 2011 turun menjadi 6,2 persen, 2012 turun lagi 6 persen, 2013 sempat naik menjadi 6,3 persen, lalu turun menjadi 5,8 persen pada akhir 2014 sampai saat ini.(*)