Polda Sulsel Bongkar Sindikat Pemalsu Surat Tanah

Editor : Ahmad Raffasya
AKBP Asep Marsel, Kasubdit 3 Tanah dan Bangunan Polda Sulsel. (foto: Reny)
AKBP Asep Marsel, Kasubdit 3 Tanah dan Bangunan Polda Sulsel. (foto: Reny)

Online24,Makassar– Aparat Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Jumat (19/8/2016) siang,  merilis pengungkapan sindikat pemalsu surat-surat tanah di lantai 2 ruang Aula Subdit 3, Mapolda Sulsel.

Terungkapnya pelaku  pemalsu surat-surat tanah ini berawal dari laporan masyarakat kepada polisi, setelah itu pihak berwajib melakukan penyelidikan dengan mencoba memesan surat tanah kepada tersangka dan dalam waktu satu hari surat tersebut jadi, lengkap dengan blangko.

Bermodal cairan air teh yang sudah direbus selama 2 hingga 3 jam lalu dijemur, tersangka berhasil membuat surat tanah palsu dan Blangko untuk menipu seolah surat tersebut terlihat seperti kertas tua.

AKBP Asep Marsel, Kasubdit 3 Tanah dan Bangunan mengatakan, hingga saat ini pihak kepolisian masih mengembangkan penyelidikan ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

“kita baru mulai tanggal 17 Agustus kemarin, dan saat ini kami masih mengembangkan penyelidikan ke beberapa daerah di sulsel”. kata Asep, saat ditemui di Aula Subdit 3, Mapolda Sulsel.

Barang bukti yang berhasil diamankan yaitu kertas-kertas usang yang telah direndam cairan air teh, mesin ketik, stempel, dan kaleng biskuit bekas yang usang.

Barang bukti tersebut masih berupa surat untuk keterangan pendaftaran sementara, meski demikian barang-barang yang di sita ada Rinci dan Sertifikat, namun penyidik belum bisa memastikan sebab belum ada yang memakai tetapi ada di TKP. (ren)