Wanita Tiongkok Ini Klaim Hamil Selama 17 Bulan

Editor : Lucky
Wang Shi
Wang Shi

Online24, Beijing – Seorang wanita dari Tianping City, provinsi Hunan, Tiongkok, bernama Wang Shi, mungkin telah meraih rekor dunia baru sebagai kehamilan terpanjang. Ia mengklaim telah hamil selama 17 bulan.

Wang Shi mengklaim dirinya seharusnya melahirkan pada November tahun lalu. Tapi, karena plasentanya berada di belakang, masa kehamilannya berlanjut.

Media lokal melaporkan bahwa Wang Shi hamil pada bulan Februari 2015, sembilan bulan kemudian, ia pun ke rumah sakit dengan harapan, ia akan melahirkan.

Namun, dokter memberitahu bahwa dia tidak siap untuk melahirkan akibat plasentanya kurang maju, yang dikenal sebagai placenta previa.

Khawatir tentang kondisi, Wang dan suaminya pergi ke rumah sakit setiap 7 sampai 10 hari setelah tanggal jatuh temponya berlalu untuk check-up. Berdasarkan bulan 14 kehamilannya, wanita itu lebih dari siap untuk menyambut bayinya ke dunia, tetapi dokter sekali lagi mengatakan bahwa ia harus menunggu karena janin tidak cukup berkembang untuk operasi caesar.

“Saya merasa malu karena hamil begitu lama. Saya harap segera selesai mempunyai bayi bulan depan,” kata Wang kepada Reporter.

“Biaya hanya untuk check up lebih dari 10.000 yuan (sekitar Rp 19 juta) dan kami telah kehilangan kesabaran kita.”

Karena kehamilan berkepanjangan tersebut, bobot tubuh Wang bertambah sekitar 26 kilogram, dari 52,2 kg menjadi 78 kg. Meski demikian, ia dinyatakan dalam kondisi fisik yang baik.

CCTV News melaporkan bahwa Wang Shi akhirnya melahirkan bayinya pada 18 Agustus 2016, dengan bayi yang baru lahir sehat dengan berat 3,8 kg.

Placenta previa adalah suatu kondisi yang dilaporkan terjadi sekali dalam setiap 200 kehamilan dan yang dikategorikan dalam empat kelas dari kecil untuk besar. Hal ini menyebabkan leher rahim O sebagian atau seluruhnya tertutup.

Menurut People’s Day, kehamilan terpanjang didokumentasikan adalah seorang wanita Amerika bernama Beulah Hunter yang melahirkan pada tahun 1945 setelah hamil selama 375 hari. Sementran Wang Shi hamil selama 517 hari.

Ia bisa saya pemegang rekor Guinness yang baru jika klaimnya sesuai dengan hasil pemeriksaan sejumlah dokter.

“Kami memintanya untuk menjalani USG tapi dia tidak mau. Dia hanya mengatakan ia tidak haid sejak tahun 2015 dan kita tidak pernah melihat hasil tes (kehamilan)-nya,” kata seorang pejabat dari kota asal Wang kepada Global Times.

Ia menambahkan, Wang hanya memiliki sertifikat yang dikeluarkan pemerintahnya yang memungkinkan dirinya untuk memiliki anak satu bulan sebelum tanggal jatuh temponya. Dokumen tersebut menyatakan bahwa dia diharapkan melahirkan bayi pada tahun 2015.

Seorang dokter dari Changsha kepada Changsha Evening News mengatakan, ” Tidak ada bukti, medis atau sebaliknya, yang menunjukkan dia telah hamil selama 17 bulan. Dia tidak memiliki catatan tes dari awal kehamilannya.” (*)