Mulai 1 September, RSIA Ananda menerima pelayanan BPJS Kesehatan

Editor : Lucky

Online24,Makassar – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama (KCU) Makassar melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Ananda. Kerja sama ini memungkinkan peserta BPJS mendapat pelayanan kesehatan secara gratis yang berlaku efektif per 1 September nanti.

“Kami ingin memberikan pelayanan seluas-luasnya kepada peserta BPJS. Kami akan terus menjalin kerja sama dengan rumah sakit lain yang ada di Makassar dan sekitarnya,” kata Kepala BPJS Kesehatan KCU Makassar, dr Elsa Novelia.

Elsa menabahkan, sebelum menjalin kerjasama, ada beberapa tahapan yang dilalui. Seperti rumah sakit mengajukan kerja sama kemudian BPJS kesehatan memberikan user name dan password di aplikasi Health Facility Informatika System (HFIS).

“Kemudian Fasilitas Kesehatan (Faskes) melakukan self assesment apakah sudah memenuhi standarisasi atau belum. Nanti setelah terpenuhi, tim BPJS kesehatan dan Dinas Kesehatan akan turun ke rumah sakit yang bersangkutan untuk melakukan cresdensialing untuk menilai,” ucap Elsa.

Menurut Elsa, beberapa hal yang dinilai mulai dari surat ijin operasional, SIP dokter, akreditasi, sarana dan prasarana, serta komitmen layanan.

“Nah, komitmen layanan mengikuti ketentuan regulasi dan tidak menarik biaya dari pasien.. Kalau poinnya sudah terpenuhi, dilanjutkan perjanjian kerjasama (PKS) yang diawali dengan pembekalan petugas ruma sakit tentang ketentuan JKN,” jelas Elsa.

RSIA Ananda merupakan rumah sakit ibu anak ke-8 yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebelumnya sudah ada RSIA Pertiwi, RSIA Masita, RSIA Elim, RSIA Bahagia, RSIA Khadijah 1, RSIA Khadijah 3, dan RSIA Fatimah.

Rencananya BPJS kesehatan juga akan bekerja sama dengan rumah sakit hikmah. “Mungkin akan berlaku 1 Oktober nanti,” imbuh Elsa.

Di kota Makassar RSIA Ananda adalah rumah sakit ke-32 yang memberikan pelayanan BPJS Kesehatan. Sedangkan di bawah KCU Makassar, sudah ada 38 Rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

(MNU)