Susahnya Mengurus KTP Untuk Waria

Editor : Lucky

Online24, Jakarta – Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah sesuatu yang sangat vital bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia. Meski banyak sosialisasi tentang pentingnya memiliki KTP, tetapi masih ada beberapa kelompok masyarakat yang agak kesulitan dalak mengurus KTP, salah satunya adalah kelompok waria.

“Sebenarnya pada prinsipnya kita siap memberikan rekomendasi bagi waria dalam kepengurusan KTP, tapi yang sulit saat pengisian kolam jenis kelamin, karena nantinya akan berbeda dengan foto. Misalnya, foto wajah wanita tapi jenis kelamin pria, ini akan sedikit bermasalah,” ungkap Kasubdit Politik Kesbanpol dari Kota Palangkarya, Hadrani, saat diskusi dengan para waria di wisma Perhimpunan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat di Jakarta, Selasa (30/8/2016).

“Tapi, jika isi dengan jensi kelamin perempuan, itupun akan menimbulkan masalah hukum. Karena memberikan data palsu,” tambahnya.

Pemateri lainnya, Merlin, mengatakan bahwa kondisi ini sudah tidak ada masalah lagi karena para waria sudah bersedia untuk ditulis identitas asli dalam adminitrasi baik itu KTP dalam adminitrasi lainnya. “Waria sudah tidak mempersoalkan jenis kelamin yang mereka sandang dan tidak keberatan jika kemudian mereka tetap dituliskan identitas asli di KTP,” tegasnya.

“Tapi, kami berharap agar para waria juga diperlakukan layaknya sebagai manusia pada umumnya,” ucapnya.

Pihak PKBI sendiri menggelar pertemuan dengan pengurus PKBI se-Indonesia, termasuk dari Makassar, dan kelompok iklusi serta anak. Kegiatan ini sendiri digelar selama 4 hari sejak 29 Agustus dan berakhir 1 september 2016 nanti. Selain itu, PKBI juga menggelar talkshow dan pameran.

Laporan:
Mila
Peserta dari PKBI Makassar