Bekas Suntik Vaksin Bengkak, Jodah Kesulitan Berjalan

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Paha kanan Jodah masih membengkak di arela sekitar bekas suntuk vaksin. Akibatnya, bayi berusia 17 bulan itu belum bisa berjalan dengan baik.

Anak-anak se-usia Jodah sudah bisa berjalan, namun Jodah hanya bisa digendong keluarganya. Ia tidak bisa menggerakkan kakinya dengan baik karena kesakitan akibat lebam dan bengkak di kaki kanannya.

Tante Jodah, Mirna, mengatakan bahwa selalu ada cairan keluar dari bekas suntik. Selain itu, jika disentuh, luka lebam itu keras seperti ada batu di dalam pahanya.

“Kalau dipengangki di pahanya itu keraski. Itu mi mungkin dia susah jalan. Baru sakit sekali karena dia menangis terus,”ujar Mirna.

Sebelumnya, Jodah sudah berjalan dengan baik. Namun, sejak mengalami luka lebam dan bengkak itu, Jodah tidak bisa berjalan.

“Jodah sudah jalan dari usia satu tahun. Hanya karena lukanya yang ia derita dua bulan lalu, ia tak bisa jalan,” tutupnya.

Paha kanan Jodah membengkak dan lebam setelah menjalani suntik vaksin di Posyandu Nusa Indah Bulo, Puskesmas Rappokalling, bulan Juni lalu. Selang beberapa hari, areal sekitar bekas suntikan memerah lalu menghitam dan bengkak.

(FAT)