Pengamat: Musda Lamban, Berpengaruh Pada Agenda Konsolidasi Politik Golkar

Editor : Fahmi
Arqam Azikin (IST)

Online24, Makassar – Musyawarah Daerah (Musda) DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, yang rencananya digelar akhir bulan ini, dipastikan batal. Hal ini merujuk pada surat DPP Golkar yang diterima pengurus DPD I Golkar Sulsel. Dalam surat yang ditandatangani Setya Novanto dan Idrus Marham tersebut, dijelaskan, berkaitan dengan keputusan DPP partai Golkar Nomor: KEP – 138 /DPP/GOLKAR/VIII/2016 tentang Tata Kerja Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar, maka mekanisme organisasi dan aturan kerja DPP partai Golkar disesuaikan dengan tata kerja tersebut.

Analisis Politik & Hankam, Arqam Azikin menilai Musda Golkar sebaiknya sudah dilakukan segera, bila semua infrastruktur partai telah siap melaksanakan even tersebut. Karena semakin lambat Musda dilakukan juga akan berpengaruh pada agenda konsolidasi struktur Golkar.

“Pasca Munas Golkar sebaiknya segera Musda DPD Provinsi se Indonesia digelar, karena akan menyusul Musda DPD Kabupaten dan Kota. Bila Lamban Musda Provinsi akan berpengaruh pada proses konsolidasi politik F Golkar di semua level propinsi hingga kabupaten dan kota,” ujarnya.

Pendiri Sekolah Kebangsaan tersebut juga menambahkan, lebih strategis melaksanakan Musda tepat pada waktu yg sudah dipersiapkan dari pada mengulur waktu, semakin lama tertunda Musda Golkar di level Provinsi akan juga menurunkan efek pengaruh dinamika politik struktur Golkar Provinsi ke kelompok masyarakat yg baru akan didekati. Sementara start dan konsolidasi partai-partai lain juga semakin cepat di Sulsel. (viv)