Pedagang Sapi Kurban Asal Sinjai dan Gowa Banjiri Jalan Tun Abdul Razak Gowa

Editor : Lucky
Sapi kurban yang dijajakan di jalan Tun Abdul Razak, Gowa/ foto: Adam Said
Sapi kurban yang dijajakan di jalan Tun Abdul Razak, Gowa/ foto: Adam Said

Online24, Makassar – Dua minggu jelang Idul Adha, puluhan pedagang membawa sapi kurban dan “dipajang” di pinggiran Jalan Tun Abdul Razak (Hertasning), Gowa. Para pedagang sapi kurban ini
datang dari Kabupaten Gowa dan Sinjai.

Untuk Kabupaten Gowa, para pedagang datang dari Kecamatan Malino dan Kecamatan Tombolo Pao. Sedangkan untuk Kabupaten Sinjai didominasi pedagang asal Sinjai Barat dan Sinjai Tengah.

Mereka menempati beberapa lahan kosong di sepanjang Jalan Tun Abdul Razak. Mereka pun menggunakan bambu yang disusun sedemikian rupa untuk dijadikan tonggak tempat menambatkan hewan kurban ini.

Sabir (42), salah satu pedagang sapi kurban asal Desa Mamampang, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, mengakui bahwa ia telah ada di lokasi tersebut sejak dua minggu lalu. “Saya bawa 53 ekor sapi berbagai jenis. Seperti sapi Bali, Madura, Lemosing, dan Simental Australia,” ujar Sabir saat ditemui tadi siang, Jumat (2/9/2016).

Lebih lanjut, Sabir menuturkan bahwa ia telah mendapatkan izin untuk menjual di lahan kosong tersebut dengan menyetor sejumlah uang kepada kepala lingkungan setempat. “Kita jualan di sini sudah bayar kepada kepala lingkungan setempat. Saya bayar Rp 4 juta kepada kepala lingkungan agar mendapat ijin jualan di sini,” ujar Sabir.

(*/ARS)