Tahun Depan, Pemkot Parepare Mulai Terapkan Smart City

Editor : Lucky

Online24, Parepare – Walikota Parepare, Muhammad Taufan Pawe, menghadiri Indonesia Smart City Forum (ISCF) yang berlangsung di ballroom Hotel Trans Luxury, Bandung, Jumat (2/9/2016).  Acara yang dilaksanakan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di diikuti 75 kepala daerah se-Indonesia.

Indonesia Smart City Forum (ISCF) 2016 yang mengangkat tema “Identifying Challenges and Solutions to Develop Smart City for Better Tomorrow” ini digelar dalam rangka mewujudkan pembangunan kota cerdas di Indonesia.  Indonesia Smart City Forum seperti ini nantinya akan dijadikan program tahunan yang wajib untuk diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, membuka kegiatan tersebut mewakili Wakil Presiden Jusuf Kalla. Asman meminta kepada seluruh kepala daerah agar segera menerapkan program smart city yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing untuk menangani berbagai permasalahan yang muncul di masyarakat.

“Forum ini merupakan arena pembelajaran bagi pemerintah daerah untuk melakukan percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Seperti kota Surabaya, Bandung, dan Jakarta yang sudah menerapkan sistem ini, kiranya dapat menjadi benchmark bagi kemajuan berbagai daerah di Indonesia,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Kabag Humas Setdako Parepare, Hamka, yang hadir mendampingi Walikota Parepare, mengungkapkan bawah Taufan Pawe telah menyatakan komitmennya untuk segera menerapkan program smart city di Kota Parepare.

“Secepatnya Pemerintah Kota Parepare akan menerapkan program ini. Apalagi semangat Pak Habibie yang menginginkan agar Parepare tidak ketinggalan dengan kota-kota lainnya dalam menerapkan smart city,” ucap Hamka.

Hamka menambahkan, beberapa program smart city sudah direncanakan untuk diterapkan tahun depan di Kota Parepare. Seperti penerapan e-budgetting dan e-planning. Selain itu, program smart city di bidang pendidikan dan kesehatan serta pelayanan PDAM juga ke depan akan dicoba untuk diterapkan di Parepare.

(KLM)