Presiden Jokowi Bahas Ekonomi Digital dengan Bos Huawei di Tiongkok

Editor : Lucky

Online24, Makassar РPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bertemu dengan Chairwoman Huawei, Sun Yafang, di Tiongkok, Minggu (4/9/2016). Pertemuan ini berlangsung saat Joko Widodo berkunjung ke Hangzhou, Tiongkok guna menghadiri  G20 Summit.

Pada pertemuan ini, Presiden Joko Widodo dan Sun Yafang mendiskusikan strategi-strategi untuk mengembangkan ekonomi digital dan sektor maritim tanah air. Serta mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

“Indonesia sangat mengapresiasi tingginya kontribusi industri TIK dalam meningkatkan pembangunan sosial dan ekonomi. Kami berharap Huawei dapat bergabung dalam proses digitalisasi di Indonesia dengan menyediakan teknologi komunikasi terbaru. Kami juga berharap agar Huawei dapat membina lebih banyak talenta Indonesia di bidang TIK,” ucap Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi.

Bak gayung bersambut, Sun Yafang  juga menegaskan  komitmen Huawei untuk terus mendukung pengembangan industri TIK di Indonesia. Ia menekankan kesiapan Huawei untuk membantu pemerintah dalam merealisasikan digitalisasi Indonesia melalui pengalaman global dan teknologi mutakhir milik Huawei.

Joko Widodo menambahkan dirinya berharap Huawei dapat bergabung dalam proses digitalisasi di Indonesia. “Kami berharap Huawei dapat bergabung dalam proses digitalisasi di Indonesia dengan menyediakan teknologi komunikasi terbaru. Kami juga berharap agar Huawei dapat membina lebih banyak talenta Indonesia di bidang TIK,” ucap Presiden Jokowi.

Sebagai penyedia solusi TIK global terkemuka yang telah berada di Indonesia selama 16 tahun, Huawei percaya akan pentingnya pemahaman dan adopsi TIK untuk mendorong perekonomian negara.

“TIK merupakan bagian penting untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi di Indonesia. Sejalan dengan komitmen Huawei untuk Indonesia, Huawei akan menggunakan pengalaman global untuk kemudian disesuaikan dengan permintaan di Indonesia dan akan bekerja sama dengan mitra lokal untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim, pusat global, dan membantu pemerintah dalam mengimplementasikan strategi ekonomi digital,” ucap Sun Yafang.

Selain itu, Sun Yafang mengatakan bahwa sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam pengembangan dan pertumbuhan setiap bisnis. Maka dari itu, Huawei berkomitmen untuk membantu pertumbuhan industri TIK melalui kerja sama dengan universitas-universitas di Indonesia dan lembaga-lembaga riset di Indonesia untuk melatih talenta-talenta muda di bidang TIK.

(*/MNU)