Murid MTsN Model Makassar Wajib “Salim” Guru Mulai dari Gerbang Sekolah

Editor : Fahmi

Online24, Makassar- Guna menjalankan salah satu visi sekolah MTsN Model Makassar mewujudkan lulusan yang berkualitas, berakhlakul karimah dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, murid dibiasakan memberi salam dan mencium tangan gurunya saat tiba di gerbang sekolah.

Setiap harinya, pukul 06.15 Wita, guru yang dipiketkan mulai menunggu datangnya murid-murid ke sekolah. Satu persatu murid kemudian salim kepada gurunya.

“Setiap pagi kita melakukan pemjemputan siswa oleh guru piket di depan pintu gerbang. Mereka diajarkan untuk melakukan salim, sapa, dan senyum. Kegiatan ini untuk membudayakan pembentukan karakter anak-anak yang berakhlakul karimah,” ujar Wakamad Humas MTsN Model Makassar, Zumritah Ningrum kepada online24 di ruangannya, Rabu (7/9/2016).

Menurutnya, sekarang ini ia melihat anak-anak jarang bertemu dengan guru yang notabene berperan sebagai orangtua siswanya disekolah.

“Selain guru mata pelajaran mereka, murid jarang bahkan tidak lagi menyapa guru-guru di sekolah. Demi membentuk karakter siswa, mereka dibiasakan melakukan salim kepada gurunya sejak dari gerbang sekolah,” tambahnya.

Lebih lanjut, Zumritah mengatakan selain membiasakan mereka salim, kegiatan menjemput murid digerbang juga untuk melakukan pemeriksaan terkait tata tertib sekolah.

“Kita telah membagikan buku saku berisi tatib yang ada di MTsN yang juga sudah disampaikan ke pihak orangtua siswa diawal meraka masuk kesini. Jadi kami lebih mudah memantau mereka, kita periksa kelengkapan atribut lambang sekolah, panjang rambut mereka dan aturan lain yang sudah dicantumkan di buku saku,” pungkasnya.

(ars)