Jika Punya KTP, Waria Punya Hak dan Kewajiban Seperti Warga Lainnya

Editor : Lucky
La Heru
La Heru

Online24, Makassar  – Dinas Sosial Kota Makassar menjelaskan bahwa waria atau wanita pria yang memiliki kartu identitas berupa KTP domisili Makassar merupakan bagian dari warga kota Makassar. Karena itu, para waria pun diharapkan bisa berperan dalam pembangunan kota Makassar.

“Setiap waria berhak mendapatkan layanan publik termasuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Nah, selama waria memiliki KTP domisili Makassar, berarti dia warga Makassar. Mereka juga yang memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan warga lainnya,” ucap Anggota Tim Rescue Dinsos Makassar, La Heru, saat berbicara dalam konsilidasi internal dan rapat kerja Kerukunan Waria Makassar (KWRM), Jumat  (9/9/2016).

“Kita memiliki status yang sama dengan waria di hadapan aturan dan undang-undang. Hak serta kewajiban kita juga sama. Karena itu, waria harus memiliki atau terdaftar nomor induk penduduk (NIK),” tambahnya.

Heru menambahkan bahwa waria  hal untuk mendapatkan layanan publik termasuk mendapatkan ktp. Pada kesempatan ini dia menegaskan jika  dinas sosial memberikan bantuan kegiatan seperti latihan tata rias dan sebagainya. Dengan demikian tidak ada lagi yang terpinggirkan dan mendapat perlakuan yang sama.

“Selain mendapatkan haknya, para waria harus memiliki kewajiban dan tanggungjawab dalam menjalankan aktivitasnya sebagai warga Makassar. Mereka harus ikut berperan serta dalam membangun di kota ini, terutama dengan keterampilan dan kreativitas seni ereka miliki,” tuturnya.

Anggota KWRM telah banyak ikut andil dalam membangun Kota Makassar termasuk membantu Pemkot memerangi narkoba dan menciptakan Makassar Tidak Rantasa’. Laheru menjelaskan bahwa waria yang kerap menimbulkan masalah, mereka termasuk yang tidak memiliki KTP.

Sementara  itu, konsolidasi ini digelar untuk  memilih ketua KWRM yang baru.(*)

[fbcomments]