Sertifikat Halal Tak Kunjung Terbit, Penjualan Daging Sapi Lesu

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Pedagang daging sapi di pasar tradisional Pabaeng-baeng mengeluhkan sepinya pembeli jelang Idul Adha. Padahal biasanya, mendekati Idul Adha, penjualan daging sapi meningkat.

Menurut salah satu pedagang daging sapi, Usman Dg Nai, hal ini disebabkan lantaran Sertifikat Halal tidak kunjung terbit untuk sapi yang di potong di RPH. “Tahun lalu, saya ambil daging 400kg saja masih kurang, tahun ini 100kg daging  tidak habis. Banyak langganan saya beralih ke pedagang daging di Sungguminasa, karena di sini belum terbit sertifikat halal-nya,” ujar Usman, Sabtu (10/9/2016).

Pedagang daging sapi di pasar Pabaeng-baeng mengeluhkan sulitnya mendapatkan sertifikat halal. “Dulu kami pernah undang MUI ke RPH. Saat itu, MUI mengkritik lantainya tidak terlalu bersih. Tapi tidak tahu kenapa, RPH tidak segera berbenah,” ujarnya.

Padahal menurutnya, banyak uang yang masuk ke RPH. Untuk masuk ke RPH saja berapa pintu yang harus saya bayar, untuk keluar pun saya harus bayar lagi,” ujar pria yang sudah 40 tahun berjualan daging sapi ini.

Usman dan pedagang lain berharap agar segera mendapatkan sertifikat halal. “Kalau ada kekurangan bilang, kita akan perbaiki. Jangan seperti ini tidak ada kejelasan sama sekali. Kami sangat dirugikan,” pungkasnya.

 

(MNU)