Al Markaz Sembelih 36 Sapi dan 12 Kambing

Editor : Lucky
Sapi Kurban di masjid Al Markaz
Sapi Kurban di masjid Al Markaz

Online24, Makassar – Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Yusuf Sulsel menyembelihan sebanyak 36 sapi dan 12 kambing di area pemotongan sapi di belakang Masjid Al Markaz, Masjid Raya, Senin (12/9/2016).

Sejumlah sapi yang akan disembelih berasal dari sumbangan beberapa pejabat pemerintah. Seperti Wapres Jusuf Kalla, Walikota Makassar Danny Pomanto, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Husain Abdullah (Jubir JK), dan Prof Anwar Arifin, Brigjen (Purn) Bactiar, PT Djarum, dan YPDI Semen Tonasa. Mereka masing-masing   menyumbang satu ekor sapi.

“Kami menerima sumbangan sapi kurban dari beberapa pejabat, dari tokoh masyarakat, dan perusahaan-perusahaan besar,” ujar Safaruddin selaku panitia penerimaan sapi kurban.

Safar melanjutkan, pembagian sapi ini akan diberikan merata bagi orang miskin di empat kelurahan, yakni Kelurahan Timunganlompoa, Kelurahan Lembo, Kelurahan Bontoala, dan Kelurahan Malimongan.

“Kami memberikan kupon pengambilan sapi kepada warga miskin di empat kelurahan tersebut,” ucapnya.

Selain itu, agar warga tidak ricuh dan berdesak-desakan, panitia memberikan 1.200 kupon terlebih dahulu beberapa hari sebelum hari pemotongan. Sehingga jika warga tidak menerima kupon warga tidak akan mendapatkan daging kurban.

Sementara itu, panitia penyembelihan memberikan tiga kilogram kepada pemilik sapi dan satu kilogram untuk masyarakat.

Walaupun tahun ini terjadi penurunan sebesar 15 persen dari tahun sebelumnya, panitia tetap optimis dalam waktu tiga hari kedepan, masih terdapat masyrakat yang akan menyumbangkan sapi ke tempat ini.

“Tahun lalu, sapi kurban sebanyak 50 ekor,” bebernya

“Hal itu tidak menjadi masalah. Kami masih membuka pendaftaran sapi kurban hingga tiga hari ke depan yakni hingga hari Tasrik, hari sesudah perayaan hari raya Idul Adha,” tutupnya.

(FAT)