Kaisar Terakhir Tiongkok Jadi Tukang Kebun di Akhir Hidupnya

Editor : Fahmi

Online24, Makassar- Menjadi raja tidak selalu berakhir dengan hidup yang sempurna. Kaisar terakhir Tiongkok (1908-1912) Xuantong, atau disering disebut Pu Yi, di akhir hayatnya meninggal tragis akibat komplikasi penyakit ginjal dan jantungnya dan bekerja sebagai tukang kebun di Kebun Botani Beijing.

Bahkan, Pu Yi harus membayar tiket masuk sebagai turis di bekas istananya, Kota Terlarang, memandang bekas singgasananya yang terbuat dari emas.

Kisah Kaisar terakhir Dinasti Qing Yang Agung ini pernah difilmkan pada tahun 1987, yang berjudul The Last Emperor karya Bernardo Bertolucci.

Pu Yi dilantik sebagai Kaisar Tiongkok pada Desember 1908, saat usianya masih 2 tahun 10 bulan, setelah dipilih oleh Ibu Suri Cixi, tidak lama setelah Kaisar Guangxu mangkat pada 14 Oktober 1908.

Namun, kekuasaan Pu Yi saat masih kanak-kanak tidak berlangsung lama. Baru sekitar 4 tahun menjabat Kaisar Qing Yang Agung, Pu Yi diturunkan tahtanya setelah berlangsung Revolusi Cina atau Revolusi Xinhai di tahun 1911.

Setelah turun tahta, Pu Yi juga diusir dari istananya pada tahun 1924 saat pasukan militer Tiongkok dipimpin Jenderal Feng Yuxiang.

Saat Tiongkok dijajah Jepang, Pu Yi sempat diangkat sebagai pengusa Manchukuo, negara boneka Kekaisaran Jepang. Lalu pada 16 Agustus 1945, saat Jepang takluk, Pu Yi ditangkap Tentara Merah Soviet saat berada di atas pesawat menuju Jepang.

Saat Partai Komunis Tiongkok, Mao Zedong, berkuasa di tahun 1949, berhasil membujuk pemerintah Uni Soviet untuk mengembalikan Pu Yi ke Tiongkok. Pu Yi mendekam selama 10 tahun di penjara penjahat perang Fushun, di Liaoning.

Di tahun 1959, Pu Yi baru dapat menghirup udara bebas dengna mendapat izin khusus dari Mao Zedong untuk tinggal di kebun Botani Beijing, setelah menyatakan diri untuk setia pada Partai Komunis Tiongkok.

Sebelum meninggal di usia 58 tahun, Pu Yi sempat mengabdikan dirinya sebagai editor di lembaga literasi konferensi konsultatif politik rakyat China, dengan gaji bulanan sekitar 100 yuan.

[fbcomments]