Polres Parepare Akan Ekspose Wajah Para Kurir Atau Bandar Narkoba

Editor : Lucky
Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi/Foto: KLM
Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi/Foto: KLM

Online24, Parepare – Tindakan penyalahgunaan narkoba makin marak di Sulsel, khususnya di Parepare. Padahal, semua yang terlibat dalam lingkaran narkoba, baik itu pengguna, bandar, ataupun kurir, akan mendapatkan hukuman yang berat.

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi, menjelaskan bahwa bandar atau kurir narkoba akan dikenakan hukuman penjara seumur hidup atau bisa juga hukuman mati. Selain itu, ada sanksi sosial yang menjeratnya. Karena itu, polisi akan memperlihatkan wajah para kurir atau pelaku penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat umum jika tertangkap.

“Ya, selain hukuman tersebut, sanksi sosial juga diberikan kepada pelaku baik itu kurir atau bandar. Karena itu, pelaku tidak usah ditutupi wajahnya, ini adalah instruksi dari Bapak Kapolri . Biar mereka mendapat sanksi sosial dari masyarakat,” ucapnya.

Pria Budi menambahkan, sanksi ini diberlakukan karena hukuman berat tidak juga membuat mereka jera. Meski penegakan hukum yang diberlakukan sudah kuat namun pelaku masih saja bertambah.

“Makanya diberlakukan sanksi ini. Jadi tidak usai pakai tutup wajah lagi biar keluarga, teman, dan tetangga tahu siapa pelakunya,” tegas Pria Budi.

Memperlihatkan wajah pelaku penyalahgunaan narkoba baru akan dilakukan jika tidak ada lagi pengembangann, dalam artian kasus sudah rampung. Wajah pelaku harus diekspose tanpa penutup wajah. Tapi, jika masih dalam tahap penyelidikan dan pengembangan, sanksi ini belum dibelakukan.

Harapannya, dengan adanya sanksi sosial ini, pelaku pengedar Narkoba bisa berkurang. Sanksi sosial ini mulai diberlakukan saat pemusnahan narkoba 10 kg di halaman Polsek KPN Parepare, Selasa (6/9/2016) lalu. Para pelaku yang dihadirkan dalam pemusnahan narkoba terbut tidak menggunakan penutup wajah.

(KLM)