Petugas Gabungan Tertibkan PKL di Jalan Veteran Utara

Editor : Lucky
barang dagangan PKL dinaikkan ke bentor/ foto: Fatwa

Online24, Makassar – Petugas gabungan dari TNI, Polisi, dan Pemerintah Kelurahan Maradeka Utara, Makassar, melakukan penertiban terhadap puluhan pedagang kaki lima di Jalan Veteran Utara, Jum’at, (16/9/2016) sekitar pukul 18.50 wita. Para PKL ini biasanya yang setiap malam membuka lapak dekat persimpangan Japan Kerung-Kerung.

Lurah Maradeka Utara, Rasyid, mengatakan bahwa penertiban ini dilakukan karena menganggap pedagang tersebut tidak memiliki ijin usaha. Selain itu, usaha mereka mengganggu ketertiban sebab membuka dagangannya tepat di depan ruko yang bukan miliknya.

“Mereka ini penjual yang ilegal, tidak punya izin. Mereka juga juga ganggu orang, karena menjual di depan ruko yang bukan miliknya,” jelas Rasyid.

Sebelumnya, pihak terkait sudah melakukan 2 kali teguran dalam bentuk lisan kepada para pedagang. Karena tidak diindahkan, maka dilakukan tindakan tegas seperti penertibn ini. Rasyid bahkan mengancam para pedagang AKAN menyita seluruh barang dagangannya jika masih berani berjualan di tempat tersebut.

“Kalau masih ada pedagang yang berani menjual setelah kita tegur sampai 3 kali ini, maka saya akan sita properti dagangannya,” ancam Rasyid.

Hal senada juga diutrakan Babinsa Serda Burhanuddin dan Binmas Aiptu Andi Rukman. Menurutnya, pedagang PKL ini sudah lebih dari sepuluh hari  berjualan di tempat tersebut.

“Sudah kita pantau ini, mereka berjualan sudah lebih dari sepuluh hari. Masalahnya, mereka juga gunakan bahu jalan, jadi jelas membuat kemaceatan,” terangnya.

(MFA)