Bea Cukai Sulawesi Sita Jutaan Batang Rokok “Soppeng”

Editor : Fahmi
bungkusan rokok tanpa cukai yang diamankan petugas Bea Cukai Sulawesi di Pelabuhan Makassar
bungkusan rokok tanpa cukai yang diamankan petugas Bea Cukai Sulawesi di Pelabuhan Makassar

Online24, Makassar – Direktorat Jendral (Dirjen) Bea Cukai Sulawesi sita jutaan batang rokok ‘Soppeng’ di Pelabuhan Makassar, Senin (19/9/2016). Sebanyak 320 karton berisi sekitar 5 juta batang rokok ilegal dirilis Bea Cukai Sulawesi di kantornya, jalan Satando, Makassar.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kanwil Bea Cukai Sulawesi, Agus Amiwijaya kepada awak media memperlihatkan kemasan salah satu merek rokok yang disita bermerk 17 SIP, bertuliskan lokasi produksi Soppeng, yang diproduksi Pabrik Rokok Makmur Abadi.

“Label tersebut bisa mencemarkan nama baik Soppeng yang kita kenal sebagai daerah penghasil rokok di Sulsel. Padahal rokok ini dikirim dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya,” ujar Agus.

“Tidak mungkin rokok ini dikirim dari Soppeng ke Surabaya lalu dikirim kembali ke Sulsel untuk diedarkan,” lanjutnya.

Atas temuan itu, Agus menyatakan pihaknya bekerjasama Polda Sulsel akan menindak lanjuti siapa pelaku dibalik kejanggalan nama produsen rokok tersebut.

rokok-sitaan-bea-cukai-2

“Saat ini kami melakukan pengembangan untuk mencari pemilik rokok ilegal ini, 3 orang dari perusahaan ekspedisi yang mengirim barang ini masih diperiksa,” tambah Agus.

Berkat temuan rokok ilegal tersebut, Bea Cukai berhasil menyelamatkan negara dari kerugian sebesar Rp 18 Miliar. Pemilik rokok ilegal ini diancam UU No 39 Tahun 2006 tentang Cukai dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara dan denda 2-10 kali nilai cukai. (ars)

[fbcomments]