Walikota Makassar Nilai Drainase Tidak Mampu Menampung Volume Air Saat Terjadi Hujan Deras

Editor : Fahmi

Online24, Makassar – Tingginya genangan air di sejumlah jalan protokol saat terjadi hujan deras dinilai oleh Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, akibat tinggihnya curah hujan pada Sabtu sore lalu (24/9/2016), yang mengakibatkan drainase tidak mampu menampung volume air yang sangat tinggi.

Menurutnya, saat ini drainase di Kota Makassar sudah berfungsi dengan baik. Hal tersebut bisa dilihat sekitar 1 jam pasca hujan turun air juga ikut surut.

“Kalau mau lihat Pemerintah Kota bekerja dengan baik, lihat setelah hujan turun hanya sekitar satu jam air juga ikut surut, hal itu berartiĀ  drainase sudah berfungsi dengan baik. Hanya saja tidak bisa menampung air dengan volume yang cukup tinggi,” jelasnya, saat ditemui usai rapat koordinasi dengan camat se Kota Makassar, di Balaikota, Senin (26/9).

Lebih lanjut, ia menambahkan tidak ada satupun Kota di dunia yang drainasenya mampu menerima curah hujan seperti sekarang.

“Saya melihat beberapa titik di Kota Makassar memang mengalami banjir saat diguyur hujan Sabtu lalu tapi setelah hujan redah air juga ikut surut,” tambahnya.

Sementara itu, terkait banjir yang terjadi di sekitar area depan kantor Gubernur Sulawesi Selatan, Danny menilai struktur drainase yang ada di sekitar wilayah kantor gubernur harus diubah karena dianggap tidak lagi mampu menahan air dari bukit di jalan Panaikang.

(VI)