Usai Tembak Ayahnya, Seorang Remaja di AS Berondong Tembakan ke Sekolah Dasar

Editor : Fahmi
sekolah dasar Townville di South Carolina yang menjadi lokasi penembakan
sekolah dasar Townville di South Carolina yang menjadi lokasi penembakan

Online24, South Carolina -Seorang remaja pria berusia 14 tahun di South Carolina, Amerika Serikat, menembak ayahnya hingga tewas dan juga melepaskan tembakan di sebuah sekolah dasar Townville Elementary, South Carolina, Rabu (28/9/2016).

Akibat serangan remaja yang identitasnya dirahasiakan tersebut menyebabkan dua anak dan seorang guru terluka, hingga akhirnya sang remaja berhasil dibekuk dan diamankan. Pihak berwenang memaparkan bahwa dua siswa yang menjadi korban terkena tembakan di lengan dan telapak kaki mereka. Sementara guru perempuan tertembak di bahunya.

Seperti yang dilaporkan Reuters, pelaku menembak ayahnya sendiri, Jeffrey DeWitt Osborne, 47, hingga tewas pada Rabu (28/9). Remaja itu kemudian mengemudikan sebuah truk pickup ke sekolah dasar Townville Elementary School yang berjarak sekitar 3,2 km dari lokasi penembakan Osborne.

Polisi setempat memaparkan bahwa sang remaja sempat menabrak pagar yang mengelilingi taman bermain di sekolah dasar itu. Sang remaja lalu mulai melepaskan tembakan dan menimbulkan kepanikan di sekolah yang terletak di Anderson County, dekat Georgia, sekitar 160 km sebelah timur laut Atlanta itu.

Beruntung, seorang relawan pemadam kebakaran, Jamie Brock, berhasil membekuk sang remaja, sementara sejumlah guru dan staf sekolah mengamankan para siswa di dalam gedung. Polisi setempat tiba di lokasi kejadian sekitar 7 menit dari saat guru menelepon 911 untuk meminta pertolongan. Pelaku dilaporkan belum sempat memasuki gedung sekolah ketika polisi datang untuk mengamankannya.

Kapten Kantor Sheriff Anderson County, Mayor Garland, mengaku tidak mengetahui hubungan antara penembak dan para korban yang terluka dalam penembakan di sekolah itu. Pasalnya, sang remaja tidak bersekolah di sana dan menjalani program sekolah di rumah atau homeschooling.

Insiden ini merupakan serangan teranyar dari serangkaian kasus penembakan yang marak terjadi di Amerika Serikat. Insiden ini akan kembali memicu perdebatan soal perlunya pengetatan pengendalian senjata di negara itu.

Seluruh sekolah di AS telah meningkatkan keamanan, utamanya setelah serangan penembakan di Sekolah Dasar Sandy Hook di Newtown, Connecticut, yang menewaskan 20 siswa dan enam guru pada 2012 lalu.

(Reuters)