Penyebab Ledakan di Siloam, Ini Analisa Dekan FTI UMI

Editor : Fahmi
(foto:zhoelfikar/localhost)
(foto:zhoelfikar/localhost)
(foto:zhoelfikar/online24jam.com)
(foto:zhoelfikar/online24jam.com)

Online24, Makassar – Terkait ledakan di Rumah Sakit Siloam, Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, Selasa (4/10/2016) malam, Dekan Fakultas Teknologi Industri UMI, Zakir Sabara HW memberikan anlisanya.

Berikut ulasannya. Kita perlu tahu penyebab ledakan di RS Siloam, tapi melihat foto yang beredar di media sosial, kemungkinan penyebabnya adalah water boiler atau pipa steam yang meledak.

Korosi biasanya menjadi salah satu masalah lazim terjadi pada water boiler bahkan menjadi masalah utama selama ini pada sistim water boiler karena tidak ada water boiler yang tidak mengalami koros.i

Boiler itu menggunakan media air, terkadang kualitas air yang digunakan kurang diperhatikan sehingga sangat mudah membuat pipa-pipa boiler berkarat.
Sebaiknya media air yang digunakan pada water boiler adalah air murni yang hanya tersusun H2O dan tidak tercampur dengan zat lain yang mudah larut dan menjadi faktor mempercepat terjadinya karatan.

Salah satu yang dapat menjadi penyebab utama dan mempercepat terjadinya korosi adalah Oksigen. Karena Oksigen adalah salah satu gas yang mudah larut di dalam air dan menjadi penyebab utama terjadinya korosi pada pipa-pipa boiler. Disamping itu, kontrol temperatur juga penting menjadi perhatian. Karena temperatur yang tidak stabil menjadi salah satu faktor pendukung terjadinya korosi/karatan. Temperatur ini memiliki standar tertentu menyesuaikan dengan jenis boiler yang digunakan.

(foto:zhoelfikar/online24jam.com)
(foto:zhoelfikar/online24jam.com)

Kenapa temperatur menjadi salah satu yang penting diperhatikan, karena pada temperatur di atas temperatur kritisnya, air akan menjadi lebih mudah melarutkan berbagai macam zat yang bahkan sebelumnya tidak mudah larut.  Akibatnya pada temperatur tersebut air lebih mudah terionisasi dan pecah membentuk ion-ion H3O+ dan OH–. Faktor inilah yang semakin mendorong terjadinya korosi pada pipa-pipa boiler.

Tapi pada prinsipnya, hal ini bisa dicegah jika Standar Operasional Prosedur (SOP) dan maintenance berjalan sebagai mana mestinya sehingga sedini mungkin bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti malam ini dan dapat meminimalkan terjadinya korban. (*)