SYL Pimpin Upacara HUT TNI Ke-71 di Lapangan Karebosi

Editor : Lucky
Syahrul pimpin upacara HUT TNI ke-71 di Lapangan Karebosi, Rabu (5/10/2016).
Syahrul pimpin upacara HUT TNI ke-71 di Lapangan Karebosi, Rabu (5/10/2016).

Online24, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo,  bertindak sebagai inspektur upacara dalam puncak HUT TNI ke-71 di Lapangan Karebosi Makassar, Rabu (5/10/2016) pagi. HUT TNI ke 71 tahun ini mengambil tema, “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian”.

Dalam sambutannya, Syahrul Yasin Limpo membawakan amanat panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

“Diusia ke-71 tahun, TNI terus melakukan pembangunan kekuatan guna menuju pembangunan postur ideal yang difokuskan pada modernisasi alutsista, pengembangan organisasi, pembangunan sarana-prasarana di pulau-pulau strategis yakni pulau-pulau terluar yang disesuaikan dengan dinamika lingkungan strategis dan ketersediaan anggaran. Sedangkan urusan kesejahteraan prajurit TNI,  saat ini sudah semakin baik karena perhatian pemerintah khususnya pembangunan rumah susun dan kenaikan tunjangan kinerja.”

“Selain mengabdi kepada bangsa dan negara Indonesia, TNI juga memberikan dharma baktinya kepada dunia internasional dibawah bendera PBB. Berbekal profesionalisme dan pemahaman terhadap nilai-nilai kearifan lokal, TNI mengemban amanat Pembukaan UUD 1945 dalam menjalankan misi perdamaian dunia.”

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI di seluruh Indonesia melalui amanatnya.

Upacara HUT TNI tahun ini menampilkan upacara parade,  defile, dan demontrasi prajurit serta alutsista TNI. Di daerah, peringatan HUT TNI ini dilakukan secara sederhana yang dipadukan dengan pertunjukan seni untuk mengangkat kearifan lokal budaya,  baca puisi, cipta lagu, dan tarian khas daerah Sulsel.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT TNI seperti olah raga bersama, simposium,  kegiatan sosial seperti karya bakti, bedah rumah, pengobatan massal telah dilakukan dan merupakan wujud kepedulian TNI terhadap rakyatnya.

Upacara tersebut diikuti oleh seluruh unsur TNI di Sulawesi Selatan. Serta hadir pula hajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Firkopimda) Sulsel. Pada upacara HUT TNI, Letkol Pasukan Wendi Bahtiar Danyon Paskas 466, dari TNI Angkatan Udara, bertindak sebagai komandan upacara.

(VI)