Wapres Resmi Buka Trade Expo Conference And Matching 2016

Editor : Fahmi

 

Online24, Makassar – Acara Trade Expo Conference And Matching 2016, di hotel Four Point by Sheraton resmi dibuka. Pembukaan ini ditandai dengan  pemukulan Tunrung Pakanjara oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) didampingi oleh  Gubernur Sulawesi selatan, Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Menteri Unit Perancangan Ekonomi Malaysia Datu Abdul Rahman Dahlan.

 

Dalam sambutannya, JK menceritakan tentang sejarah terbentuknya perhimpunan negara yang turut serta dalam Trade Expo Conference And Matching 2016 yaitu Brunei, Indonesia, Malaysia, Philippines East Asean Growth Areal (BIMP EAGA) dan  Indonesia, Malaysia, Thailand Gouht Triagek (IMT GT).

 

“Sejarah kegiatan ini di mulai di Makassar pada akhir tahun 1988. Pada awalnya hanya digunakan untuk kepentingan bisnis,” ujar JK di hadapan ratusan delegasi dari kelima negara.

 

Ia menambahkan, BIMP – EAGA dan IMT-GT ini diharapkan bisa memperbaiki hubungan baik antar kelima negara tersebut.

 

“Selama ini hubungan ekonomi antar negara, lebih banyak hubungan ekonomi ilegal, utamanya di daerah -daerah Indonesia Timur, Mindanao Filipina, Sabah Malaysia. Untuk kita, mari kita formalkan hubungan baik secara ekonomi maupun keamanan,” ungkap JK.

 

JK juga menambahkan bahwa kita harus saling belajar dari pengalaman masing-masing. Sementara itu menurut Syahrul, penempatan acara ini sudah sangat tepat.

 

“Digelarnya acara ini di Sulawesi Selatan utamanya di Makassar sudah sangat tepat karena posisinya berada pada Center Point of Indonesia,” pungkas Syahrul.

 

Acara yang diikuti oleh 236 Booth dari berbagai negara ini akan berlangsung selama tiga hari, yaitu hari tanggal 14-16 Oktober 2016.

 

Usai membuka acara Trade Expo Conference And Matching 2016 Jusuf Kalla kemudian meninjau stand-stand yang ada, untuk kemudian bertolak menuju masjid Al-Markaz al Islami untuk menunaikan ibadah salat Jumat.

(MNU)