Husain Abdullah Bukan Sekedar Blusukan, Tapi Mengenang Memori Lama 

Editor : Ahmad Raffasya

Online24,Makassar- Sudah sepekan terakhir Husain Abdullah Juru Bicara Wapres Jusuf Kalla melakukan aktivitas dasarnya, menemui warga yang tergolong kelas menengah ke bawah. Seperti ini sifat dasar Husain Abdullah, karena sebelum menjadi jubir Wapres, ia lebih banyak bersentuhan dengan masyarakat saat menjadi wartawan televisi di RCTI.

Bagi Husain Abdullah, ia tak merasa canggung menemui masyarakat seperti ini. Meskipun sebagian besar hidupnya saat ini di kalangan istana dan bersentuhan dengan masyarakat kelas atas di Jakarta namun bergaul dengan masyarakat seperti ini tak membuat harusnya kikuk. ‘Tidak perlu saya adaptasi sebab sejak dulu kan saya seperti ini, sudah terbiasa bersama kalangan bawah seperti ini’ ujar Uceng sapaan akrab Husain Abdullah.

Minggu 16 Oktober 2016, Uceng bertandang ke kawasan Barombong, perbatasan Makassar-Takalar dan Gowa. Di sini masyarakat menerima Husain Abdullah di rumah salah seorang warga setempat. ‘Mereka sangat ramah menerima kami. Padahal kami hanya datang sebagai tamu biasa dan tak membawa apa apa’ kata Ismun, sahabat dekat Husain Abdullah yang juga seangkatan Husain di SMA 1 Makassar.

Di sini Uceng mengutarakan niatnya untuk maju menjadi  calon Walikota  Makassar. Meski diakuinya belum ada kendaraan politik namun melalui pendekatan kepada masyarakat, Uceng diyakini mampu memberikan Surprise bagi kota Makassar.  Selain menemui masyarakat Barombong, Uceng juga menyempatkan diri bertemu dengan organisasi masyarakat dan mahasiswa Bone.

Senin 17 Oktober 2016, Uceng kembali mendatangi beberapa komunitas kelas bawah. Seperti pangkalan Ojek di Tamalanrea serta tempat berkumpul ojek dan sopir sopir angkot. ‘Terasa seperti  saat meliput dan merasakan keresahan mereka’ ujar Uceng.

Bagi Uceng, menemui masyarakat seperti ini bagaikan meramu kembali memorinya yang dulu. ‘Pak Uceng memahami suara bawah’ kata pengamat komunikasi politik Arqam Azikin.