Imigrasi Parepare Enggan Layani Warga yang Berpakaian Tidak Rapi

Editor : Fahmi
kantor Imigrasi Parepare
kantor Imigrasi Parepare

Online24, Parepare- Berdasarkan Standar Operational Prosedur (SOP), Kantor Imigrasi Kelas IIB Kota Parepare mengimbau warga yang ingin mengurus di Kantor Imigrasi diminta untuk berpakaian rapi.

Kasusbsi Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas IIB Parepare Agung Kuntomo mengatakan, aturan tersebut merupakan aturan mutlak yang harus diikuti masyarakat. Meski kata dia, atauran tersebut bukan aturan pusat namun tiap kantor layanan publik mewajibkan warga berpakaian rapi jika ingin mendapatkan pelayanan.

“Aturan ini wajib bagi yang memiliki kepentingan di Imigrasi. Hal ini dilakukan, agar enak dipandang pengunjung lainnya,” kata Agung, , Rabu (21/10).

Meski tujuan dari SOP itu untuk pelayanan, namun kantor Imigrasi mendapatkan keluhan. Salah satunya Jaya, mengaku dirinya diusir secara kasar oleh petugas ketika tengah mengantri di ruangan pelayan.

“Kami disuruh pulang ganti pakaian padahal rumah kami jauh. Katanya harus jaga etika berpakaian. Saya pake baju kaos,” katanya.

Selain itu, Jaya juga mengeluhkan teguran petugas Imigrasi Parepare. Pasalnya, ia ditegur di depan umum tanpa memberitahukan aturan secara baik-baik yang belum diketahuinya.

“Makanya saya pulang, karena disuruh pulang oleh petugas,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Agung Kuntomo membantah tudingan pengusiran yang dilakukan petugasnya. Menurut Agung, petugas Imigrasi Parepare hanya mengarahkan warga pulang mengganti pakaian mereka dengan yang lebih rapi.

“Karena ada sesi foto yang wajib rapi bagi warga yang melakukan pengurusan paspor. Jadi tidak ada yang diusir kasar oleh pihak kami, anjuran agar berpakaian rapi kami pasang tepat di depan pintu masuk ruang pelayanan, agar masyarakat bisa baca dan tahu aturan yang ada,” tutupnya.

(KLM)