Telkomsel Uji Coba Jaringan Seluler 5G dengan Kecepatan Akses Data Hingga 1 Gbps

Reporter :
Editor : Lucky
Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, saat uji coba 5G di Jakarta
Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, saat uji coba 5G di Jakarta

Online24, Jakarta –  Jaringan 4G belum setahun hadir di Indonesia, kini Telkomsel melakukan uji coba teknologi seluler dengan kecepatan akses lebih dari 1 Gigabyte per detik (Gbps). Teknologi selular ini diklaim pertama kali di Indonesia.

Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi, mengatakan bahwa uji coba ini dimaksudkan sebagai persiapan Telkomsel sebelum nantinya memasuki era 5G. Karena secara teori, teknologi 5G mampu menyajikan kecepatan lebih dari 1 Gbps.

“Uji coba ini menjadi salah satu tahapan menuju implementasi teknologi 5G di Indonesia. Kesiapan dalam uji coba 1 Gbps ini mempertegas komitmen Telkomsel untuk menjadi yang terdepan dan terkini dalam penerapan roadmap teknologi broadband,” kata Sukardi Grapari Telkomsel PIM 3, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Menurut Sukardi, meski diperkirakan layanan teknologi seluler 5G baru dioperasikan pada tahun 2020, namun Telkomsel sudah siap dan terus membangun infrastruktur sebagai pelopor industri seluler di Tanah Air.

Dengan menggandeng Huawei, untuk bisa menembus kecepatan 1 Gbps Telkomsel menggabungkan teknologi, uji coba itu menggunakan teknologi yang menggabungkan antena 4×4 Multiple-Input Multiple-Output (MIMO), modulasi 256-Quadrature Amplitude Modulation (QAM), dan LTE Licensed-Assisted Access (LAA).