Berita Foto: Lomba Pacu Kuda Tradisional Di Tanah Turatea

Editor : Fahmi
Lomba pacu kuda di Desa Kalimporo, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. (foto: adam said)
Lomba pacu kuda di Desa Kalimporo, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto. (foto: adam said)

Online24, Jeneponto – Jeneponto merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang dikenal dengan julukan Kota Kuda. Kuda telah menjadi simbol identitas bagi masyarakat Jeneponto.

Di daerah yang biasa disebut dengan Bumi Turatea tersebut terdapat kebiasaan menarik yang dilakukan oleh masyarakatnya, yaitu Lomba Pacu Kuda Tradisional. Biasanya lomba pacu kuda diadakan oleh para warga setiap hari Minggu hanya sekedar hiburan untuk menguji kemampuan kuda mereka.

Namun kali ini ada yang berbeda, berkat dukungan dari pemerintah kabupaten, para warga mulai mengadakan lomba pacu kuda dengan memberikan hadiah uang tunai dalam jumlah yang cukup besar, yaitu “Lomba Pacu Kuda Bangkala Cup 1”.

Lomba Pacu Kuda tersebut diadakan di Desa Kalimporo, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, dan akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 23 Oktober 2016, dengan mempertandingkan kelas 5C pemula jarak 800 meter, 5B pemula jarak 900 meter, 5A pemula jarak 1000 meter, kelas 4 menengah jarak 1100 meter, kelas 3 menengah jarak 1200 meter, dan kelas 2 senior jarak 1500 meter, kelas 1 senior jarak 1800 meter serta kelas terbuka jarak 2000 meter.

Para peserta pacu kuda berasal dari berbagai daerah, yaitu Takalar, Bantaeng dan Jeneponto sendiri sebagai tuan rumah, bahkan ada pula peserta dari Polman, Sulawesi Barat.

Uniknya yang menjadi joki kuda adalah anak-anak atau joki cilik berusia 7 hingga 15 tahun. Hanya dengan menggunakan helm kendaraan bermotor, kostum sederhana dan sandal jepit, mereka berani berpacu diatas lintasan pacuan yang licin dan berlumpur.

Rencananya, para warga akan mengadakan lomba tersebut dua kali dalam setahun.

(Foto: Adam Said)