Diduga Salah Gunakan Wewenang, Kepala Pasar Pa’baeng-Baeng Terancam Penjara 20 Tahun

Editor : Fahmi

Online24,Makassar– Setelah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Direktorat Kriminal Umum Polda Sulsel. Kepala Pasar Pabaeng-Baeng Timur Kota Makassar, berinisial LM terancam hukuman penjara paling lama 20 tahun, karena diduga melakukan penyalahgunaan wewenang.

Kepala Sub Direktorat III Kriminal Umum Polda Sulsel, AKBP Asep Marsel Suherman mengatakan LM dibekuk sejak Rabu (26/10/2016) sore dan sudah ditetapkan sebagai tersangka dengan beberapa barang bukti.

Saat diinterogasi di lokasi, LM mengaku hasil penjualan tersebut pihak pasar menyerahkan Rp9,5 juta ke negara dalam hal ini PD Pasar. Namun yang diperoleh dari para pedagang, sebanyak Rp 25 sampai 30 juta.
“Dari 30 los yang terdapat di Pasar Pabaeng-Baeng Timur, sudah 9 los yang berhasil dijual tersangka. LM diduga menyalahgunakan wewenang ” ujar AKBP Marsel Suherman.

Selain itu, tersangka juga menjual los pasar dengan iming-iming pengurangan harga. Jika membeli sampai dua los, pedagang akan didiskon.
“Kalau beli dua los, didiskon Rp5 juta jadi Rp45 juta. Kalau beli satu tetap Rp25 juta. Dari situ saja kita merasa aneh karena ada tawar-menawar,” tutur Asep.

Barang bukti yang diamankan polisi adalah dokumen SK Pengangkatan, denah pasar, lokasi yang dibuat, dan ketentuan pembayaran. Selain itu, 9 saksi juga sudah dimintai keterangan terdiri dari 3 staf pasar dan 6 pedagang.

Tersangka akan dijerat pasal 3, 11, dan 12e UU tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Karena diduga menyalahgunakan kewenangan, kesempatan, atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara. (*)