Maknai Sumpah Pemuda, RMS : Pemuda Harus Berani Lakukan Gerakan Perubahan

Editor : gempur

Online24,Makassar– Tanggal 28 Oktober , sejak 88 tahun silam diperingati sebagai hari peringatan Sumpah Pemuda. Beragam cara memperingatinya. Seperti Bupati Sidrap misalnya.

28 Oktober 2008 lalu, saat Rusdi Masse masih berusia 35 tahun. Usia tergolong muda saat itu RMS sapaan akrab Rusdi Masse sudah memegang tanggung jawab besar sebagai Kepala Daerah di Kabupaten Sidrap. Dia langsung memecahkan record sebagai bupati termuda saat itu.

88 tahun  Sumpah Pemuda bagi RMS,  bukanlah sekedar memperingati begitu saja. Apalagi hanya memaknai dengan sebuah kata dan kalimat.

Melainkan dengan sumpah pemuda. Kita harus memaknai sebagai pesan bagi pemuda untuk menjadi pemuda sukses, menjadi dirinya sendiri, dan selalu berani untuk melakukan gerakan perubahan.

Lebih lanjut RMS mengatakan, era sekarang  sangat berbeda dengan zaman dulu. Saat ini untuk meraih sukses sangatlah susah, dan penuh tantangan.

“Maka satu satunya prinsip yang harus kita maknai adalah bahwa pemuda itu harus memiliki prinsip berani lakukan perubahan. Anda mau berubah gak? Kalau mau berubah, ayo mulai dari sekarang. Minimal yakinkan diri sendiri bahwa saya harus melangkah jauh ke depan”, kata RMS.

Hampir  disetiap forum forum diskusi, seminar dan dialog kepemudaan, RMS selalu menantang para pemuda untuk melakukan perubahan.

Seperti contoh saat menjadi narasumber di sebuah acara inspiratif di Parepare beberapa waktu lalu. Ketua DPW Partai nasdem Sulsel ini,  mengajak pemuda pada saat itu untuk tidak sekedar menjadi anak buah atau karyawan.

Bahkan, RMS selalu menceritakan kisahnya di saat masih muda yang bekerja mulai dari nol.

“Saya pernah jadi sopir truk dan buruh.Tapi saya tidak pernah malu, karena  tekadku adalah selalu menjadi orang sukses dan selalu ingin melakukan gerakan ke arah lebih baik.

Jangan takut keluar dari zona zaman. Kalian harus punya prinsip, bahwa saya harus menjadi bos atau pimpinan. Itu baru disebut pemuda yang berani melakukan perubahan bagi dirinya “, tutup RMS. (*)