7 Bagian Tubuh yang Harus Selalu Dicek Kesehatan Minimal Setahun Sekali

Reporter :
Editor : Fauzi Hamid

Online24, Makassar – Kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam tubuh manusia. Bagaimana tidak, jika tubuh tidak dalam keadaan fit atau sehat seseorang bisa terlihat tidak energik dan aktivitasnya terganggu.

Untuk itu, memeriksa kesehatan secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Pengecekan kesehatan seperti ini akan sangat bermanfaat untuk mengingatkan kita akan kondisi kesehatan tubuh kita sendiri. Sebab, kadang-kadang gejala awal suatu penyakit tidak terasa atau tidak tampak oleh pengidapnya.

Dilansir dari situs Kemenkes RI, setidaknya ada 7 hal paling umum dalam tubuh yang kondisinya harus dicek minimal setahun sekali.

Ketujuh bagian tersebut di antaranya:

Memeriksa tekanan darah adalah salah satu cara mendeteksi secara dini risiko hipertensi, stroke, dan penyakit jantung. Angka hasil pemeriksaan terhitung normal, jika berada di bawah 140/90 mmHg.

Pengecekan kadar gula darah dilakukan untuk membantu mendeteksi masalah diabetes. Pemeriksaan ini akan menunjukkan kadar glukosa dalam darah. Hasil tes normal, jika kadar gula dalam darah kurang dari 100.

Mengukur lingkar perut secara rutin dapat menjaga kita dari lemak perut yang berlebihan, yang bisa memicu masalah kesehatan serius, misalnya serangan jantung, stroke, dan diabetes. Batas aman lingkar perut pria adalah 90 cm. Sementara pada wanita 80 cm.