Indomaret Kedua Hadir di Enrekang, Warga Langsung Borong Belanjaan

Editor : Lucky
Peresmian Indomaret di Enrekang, Senin (7/11/2016)
Peresmian Indomaret di Enrekang, Senin (7/11/2016)
Online24, Makassar – Setelah melalui berbagai rintangan dan beberapa kali menghadapi para demonstran, akhirnya Indomaret yang terletak di Jalan Sultan Hasanuddin, depan Polres Enrekang, Kabupaten Enrekang, resmi dibuka hari ini, Senin (7/11/2016).
Serunya, sebelum resmi dibuka, ratusan warga tadi pagi menyerbu toko modern ini untuk berbelanja. Pada acara Grand Opening tersebut, pihak Indomaret juga membagikan ratusan voucher belanja senilai Rp100.000 kepada pengunjung.

Pimpinan License Indomaret, Sofyan, mengatakan bahwa ijin beropersi toko modern ini telah rampung. Diakui Sofyan, sebelum mendapatkan ijin dari Kantor Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( KMPTSP), pihaknya harus mendapatkan rekomendasi dari Koperindag dan itu bukanlah hal yang mudah dia dapatkan.
“Kami sudah dapat ijin dari kantor KMPTSP. Sebelumnya Bapak Bupati juga sudah mengeluarkan Peraturan Bupati yang harus kami patuhi selaku pengelola Indomart,” kata Sofyan.
Salah satu peraturan Bupati yang dimaksud Sofyan adalah para karyawan yang dipekerjaan di tempat tersebut harus putera asli daerah. Indomart juga harus menerima hasil olahan kearifan lokal yang dipasarkan oleh para pelaku UMKM. Jikapun tidak bisa diterima oleh Indomart, maka pihaknya akan menyediakan sewa tera untuk menjajakan jajanan khas Massenrempulu.
Sementara itu, Kepala KPMPTSP, Num Rawan, mewakili Bupati Enrekang saat membuka toko modern tersebut mengatakan, Pemkab Enrekang mendukung keberadaan toko tersebut, asal saja mematuhi kesepakatan yang telah dibuat bersama. Menurutnya salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jarak antara pasar tradisional dengan indomart minimal berjarak 800 meter dan dengan toko modern lain minimal berjarak 600 meter.
Kini di Kabupaten Enrekang telah berdiri dua toko modern. Satu di Kecamatan Maiwa dan satunya di Kecamatan Enrekang. Rencananya, Indomaret akan diangun satu lagi di depan RSUD Massenrempulu untuk memenuhi kebutuhan keluarga pasien karena akan buka selama  24 jam.

“Semoga kehadiran kami di Enrekang dapat membantu meningkatkan status ekonomi Enrekang dengan menjalin kerjasam dengan UMKM. Bisa mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan taraf kehidupan para pegawai karena selain mendapatkan fasilitas Jaminan kesehatan melalui BPJS, BPJS ketenagakerjaan dan gaji mereka berada pada standar UMR,” tambah Sofyan.