Gua Kelelawar di Sidrap Pernah Jadi Tempat Persembunyian Pejuang Kemerdekaan

Reporter :
Editor : Fahmi
Gua kelelawar di Sidrap
Gua kelelawar di Sidrap

Online24, Sidrap- Gua Kelelawar yang didalam banyak satwa kelelawar yang bersarang di sana. Goa Kelelawar tersebut terletak di Desa Maddenra Kecamatan Kulo Kabupaten Sidrap yang bertempat di Taman Wisata Alam Cabbenge dengan letak koordinat S 03 46 605 “, E 119. 47 762 dengan ketinggian di atas permukaan laut sekitar 90 meter ternyata menyimpan banyak Potensi

Menurut Staff Dinas Pemuda Olahraga dan Kebudayaan dan Pariwisata Sidrap, Bakhtiar Said, yang ditemui Online24, Sabtu (12/11/2016), mengatakan jarak tempuh letak gua tersebut dari pemukiman penduduk di desa Maddenra sekitar 3 kilometer (Km) ke arah timur dengan memasuki areal hutan lindung Taman wisata Alam Maddenra Kulo dengan kondisi alam yang cukup menarik dan masih asli keragaman biota darat baik tumbuh-tumbuhan maupun satwanya.

Gua Kelelawar ini berlatar belakang sejarah yang menyingkap gua tersebut kami dapatkan dari beberapa orang penduduk setempat dan aparat pemerintah mengatakan bahwa gua tersebut dahulu sering dipakai sebagai tempat persembunyian para pejuang dalam mengadakan perlawanan terhadap pemerintah Belanda dan pemerintah pendudukan Jepang.

Memang situasinya sangat strategis dan sangat tersembunyi sebagai tempat yang aman dari incaran tentara Belanda dan Jepang, apalagi jika ada serangan udara yang dilancarkan tentara Jepang karena di daerah tersebut tidak terlalu jauh dai pangkalan militer Jepang yaitu pangkalan udara tentara Jepang di Malimpung Pinrang.