Tiga Tersangka Pengoplos Solar Ilegal Diciduk Polisi di Jalan Barukang

Reporter :
Editor : Fahmi
pengoplos BBM ilegal diamankan di jalan Barukang Utara
pengoplos BBM ilegal diamankan di jalan Barukang Utara

Online24, Makassar- Tiga Tersangka pelaku bisnis BBM ilegal jenis solar masing-masing pemilik solar Y, supir L dan kernet S berhasil diciduk Timsus Polrestabes Makassar yang melakukan penggrebekan usai menerima informasi tentang aktifitas penimbunan solar dari warga di Jalan Barukang Utara Lorong 15, Kecamatan Ujung Tanah, Sabtu malam (12/11/2016) kemarin.

Hal tersebut disampaikan Kapolsek Pelabuhan Makassar, AKP Ivan Wahyudi saat ditemui di kantornya, Minggu malam (13/11/2016). Ia mengatakan, dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan 13 ton solar.

“Pengakuan dari tersangka, ke-13 ton solar yang ditempatkan ke dalam 25 jerigen ini didapatkan dari nelayan dengan melakukan barter dengan makanan atau ikan dan selanjutnya dijual ke industri di daerah gowa,” ujar Ivan.

Namun ia menduga, puluhan ton solar tersebut didapatkan tersangka dari kapal besar yang sandar di pelabuhan Makassar.

Ivan melanjutkan, tersangka mengaku sudah melancarkan aksinya lima kali di tahun ini. Ia juga menambahkan, saat ini pihaknya tengah mendalami kasus tersebut untuk menangkap tersangka lainnya yang terlibat dalam sindikat bisnis BBM ilegal itu.

“Kita baru melakukan pemeriksaan kepada tugas tersangka ini. Selanjutnya kita akan lakukan pengembangan ke pembeli. Ketiga tersangka kita jerat Pasal 55 UU No 22 Tahun 2001 tentang bumi dan gas dengan ancaman 6 tahun penjara dengan denda Rp 60 miliar,” pungkasnya.