Polres Pelabuhan Makassar Luncurkan Aplikasi Panic Alarm System Untuk Cegah Kejahatan

Editor : Lucky

Online24, Makassar – Polres Pelabuhan Makassar kembali meluncurkan aplikasi Android bernama Panic Alarm System (PAS) yang berbasis online, Selasa (15/11/2016). Ini merupakan aplikasi handphone yang mampu mendeteksi aksi kejahatan dan terkoneksi langsung ke seluruh jajaran kepolisian dari Polres Pelabuhan Makassar.

Saat ini, Aplikasi Panic Alarm System sudah dapat di-download secara gratis di Play Store bagi pengguna Android. Sebelum menggunakan aplikasi ini, warga wajib melakukan registrasi dengan memasukkan sejumlah data-data. Seperti nomor KTP, nama, dan nomor telepon. Hal ini untuk mencegah aksi jahil pengguna aplikasi berbasis android ini kepada aparat kepolisian.

Mencegah aksi kejahatan yang sering terjadi di sejumlah wilayah hukum Polres Pelabuhan Makassar menjadi alasan meluncurkan aplikasi ini. Sistem kerja PAS sangat sederhana.

Misalnya, jika terjadi kejahatan di wilayah hukum Polda Sulsela, khususnya Polres Pelabuhan, seperti contoh kasus penculikan tadi siang, seorang anak yang usai pulang sekolah diculik sejumlah orang yang tak dikenal. Murid SD inipun langsung memencet Aplikasi PAS melalui handphon, selanjutnya sinyal Aplikasi PAS diterima langsung pihak kepolisian Polres Pelabuhan.

Petugas bisa mendeteksi lokasi tempat kejadian penculikan dan langsung mendatangi lokasi tersebut. Usai mendapatkan titik henti atau dimana para penculik ini melakukan proses penyanderaan, pihak reskrim dari Polres Pelabuhan langsung mengepung lokasi penyanderaan dan melakukan penggrebekan kepada ketiga pelaku penculikan ini.

Ketiga tersangka ini langsung dibawa di Polres Pelabuhan Makassar untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

“Selain dapat menolong diri kita dari tindak kejahatan, kita juga dapat membantu melaporkan kejadian yang membutuhkan penanganan kepolisian, seperti perampokan, curanmor, pemerkosaan, perjudian, dan pengrusakan. Semuanya akan direspon secara cepat oleh pihak
kepolsian,” ucap Kapolres Pelabuhan, AKBP Anna Said.

Sebelumnya, aplikasi ini merupakan sistem yang dibuat untuk mengurangi angka kriminalitas di wilayah hukum Polda Sulsel, khususnya di wilayah Polres Pelabuhan Makassar.