Ka Lapas Sukamiskin Bantah Informasi Meninggalnya Sutan Bhatoegana

Editor : Lucky
Fadli Zon saat menjeguk Sutan Bhatoegana semalam.
Fadli Zon saat menjeguk Sutan Bhatoegana semalam.

Online24, Jakarta – Beberapa hari terakhir ini dikabarkan jika kondisi kesehatan Sutan Bhatoegana sedang memburuk. Mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari Partai Demokrat yang kini ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin Bandung Jawa Barat, itu menderita kanker hati.

Beberapa jam yang lalu, netizen dihebohkan dengan informasi yang  beredar jika Sutan meninggal dunia. Meluruskan hal tersebut, Kalapas Sukamiskin Bandung, Dedi Handoko, memastikan jikan informasi itu hoax.

Ia membantah kabar yang menyebutkan bahwa Sutan Bhatoegana meninggal dunia. Namun,ia tidak menampik jika kesehatan Sutan belum juga membaik.

“Berita (Sutan Bhatoegana meninggal) itu tidak benar, memang kondisi beliau menurun,” kata Dedi kepada wartawan, Rabu (16/11/2016).

Ia pun berharap agar kondisi Sutan dapat kembali membaik dan sehat seperti sedia kala. Ia juga meminta masyarakat tidak mudah menyebarkan hal-hal yang belum terkonfirmasi kebenarannya.

Semalam, Wakil Ketua DPR, Fadli Zon, menyempatkan menjeguk Sutan Bhatoegana Rumah Sakit Bogor Medical Center, Jawa Barat. Di akun twitternya, Fadli terlihat memajang fotonya bersama Sutan Bhatoegana dengan tubuh yang kian kurus.

“Bang Sutan sangat kurus sekali. Kondisinya sudah sangat lemah,” kata Fadli, Rabu (16/11/2016). “Bicaranya agak terbata-bata, tapi dia masih semangat. Saya bilang, istirahat saja,” ucap politikus Partai Gerindra ini.

Sutan Bhatoegana merupakan narapidana atas kasus suap pembahasan APBN Perubahan tahun 2013 untuk Kementerian ESDM. Ia juga disangkakan menerima gratifikasi.

Dia terbukti menerima uang sebesar 140,000 Dolar AS dari Waryono Karno dan 200,000 Dolar AS dari Rudi Rubiandini. Tidak hanya itu, dia juga terbukti menerima tanah dan bangunan dari Komisaris PT SAM Mitra Mandiri, Saleh Abdul Malik.

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi sebelumnya menjatuhkan pidana sebesar 10 Tahun penjara kepada Sutan. Namun hukuman itu diperberat MA pada tingkat kasasi menjadi 12 tahun.(*)