Beri Kuliah Umum di Unibos, Mantan Menteri Ini Ceritakan Masa Kecilnya Yang Susah

Reporter :
Editor : Lucky
Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, saat memberikan kuliah umum di Unibos, Jumat (18/11/2016)
Mantan Menteri ESDM, Sudirman Said, saat memberikan kuliah umum di Unibos, Jumat (18/11/2016)

Online24, Makassar – Sebanyak 300 mahasiswa dari Universitas Bosowa dan Politeknik bosowa mengikuti kuliah umum yang diberikan Menteri ESDM Kabinet Indonesia Hebat periode tahun 2014-2016, Sudirman Said. Kuliah umum ini diberikan Sudirman di Balai sidang 45 Universitas Bosowa, Jumat (18/11/2016) dengan tema “Menjadi Pemimpin, Membangun Jiwa Bangsa”.

Dalam kuliah umum ini, Sudirman bercerita tentang masa kecilnya yang nyaris tidak bisa meneruskan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi karena kondisi ekonomi keluarga.

“Saya ini anak desa, hampir tidak bisa lanjutkan ke SMP.  Dari SMP hampir tidak bisa lanjutkan bisa lanjutkan ke SMA, begitu seterusnya,” ungkapnya.

“Saya bahkan baru mulai pakai sepatu itu kelas 4 SD. Dari kelas satu sampai kelas 3 ke sekolah telanjang kaki. Akhirnya saya sekolah dibiayai negara (beasiswa) dan sekarang dientaskan dari kemiskinan absolut,” ujarnya.

Ia menceritakan, semasa kuliah ia menumpang dirumah saudaranya.

“Kuliah saya numpang di tempat saudara. Tetapi, Alhamdulliah saya masih bisa ikut berorganisasi. Saya memulai karir juga pada masa kuliah, menjadi panitia perlengkapan Maulid Nabi,” kisah menteri yang hanya menjabat dua tahun itu.

Ia juga memberikan tips bagaimana cara menjadi seorang pemimpin yang bisa membangun bangsa.

Kuliah umum ini juga dihadiri oleh Founder Bosowa Coorporation, Aksa Mahmud, beserta Subhan Aksa. Hadir juga Rektor Unibos, beberapa dosen, dan dekan Unibos.(*)